Pelaksanaan Penilaian Autentik Afektif Pada Mata Pelajaran PAI Kelas IV di SDN 03 Kendaldoyong Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan penilaian autentik afektif pada mata pelajaran PAI siswa kelas IV di SDN 03 Kendaldoyong Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang. Untuk mengetahui kendala-kendala dalam pelaksanaan penilaian autentik afektif terhadap mata pelajaran PAI siswa kelas IV di SDN 03 Kendaldoyong Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang.Jenis penelitian ini merupakan deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Untuk teknik pengumpulan datanya adalah menggunakan metode interview (wawancara), observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk jenis analisis data penulis menggunakan analisis data deskriptif kualitatif dan induktif. Dalam penelitian ini yang menjadi sumber data primer adalah: kepala sekolah, tenaga pendidik dan siswa. Sumber data sekunder meliputi: Instrumen evaluasi yang digunakan untuk penilaian afektif Arsip-arsip sekolah dan buku-buku penunjang data, RPP . Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Pelaksanaan penilaian autentik afektif ini dilakukan dengan dua cara yang pertama dengan menggunakan penilaian sikap spiritual dan yang kedua dengan sikap sosialnya, 2). Kendala yang dihadapi oleh guru PAI dalam melakukan penilaian autentik afektif dalam pembelajaran PAI di SDN 03 Kendaldoyong adalah faktor fasilitas dan faktor pembuatan instrumen.Dengan adanya penilaian autentik afektif ini siswa menjadi antusias dalam mengikuti proses pembelajaran karena penilaian ini lebih menekankan pada sikap atau keaktifan siswa.
References
Arikunto, Suharsimi, (1998), Prosedur Penelitian suatu Pendekatan dan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta.
Asfiati, (2020), Visualisasi dan Virtualisasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Jakarta.
Caswita, (2021), Manajemen Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Yogyakarta: Depublish
Departemen Agama RI, (1989), Al-qur’an dan Terjemahannya, Surabaya: Mahkota.
Fathurrohman, Pupuh dan M. Sobry Sutikno, (2007), Strategi Belajar Mengajar, Bandung: Refika Aditama.
Hadi, Sutrisno, (2000), Metodologi Research, Yogyakarta: Yayasan Penerbit Fakultas Psikologi UGM.
Kunandar, (2015), Penilaian Auntentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: Rajawali Pers.
Manzilati, Asfi, (2017), Metodologi Penelitian Kualitatif Paradigma, Metode Dan Aplikasi, Malang: Universitas Brawijaya Press UB Pres.
Mukhtar, (2003), Desain Pembelajaran Agama Islam, Jakarta: CV. Misaka Gazali.
Sanjaya, Wina, (2013), Penelitian pendidikan jenis, metode, dan prosedur, Jakarta: Kencana.
Sudjana, Nana, (1987), Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru.
Sugiyono, (2015), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D, Bandung: Alfabeta.
Syarifudin, (2018), Inovasi Baru Kurikulum 13 Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, Yogyakarta: Deepublish.
Taher, M., (2013), Implementasi Penilaian Sikap dalam Pembelajaran Kurikulum, Medan: Balai Diklat Keagamaan Medan.
Thoha, Chabib, (2003), Teknik Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Copyright (c) 2022 Trinaningsih, Srifariyati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Al-Miskawaih is published under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Authors retain the copyright to their work. Users may read, copy and distribute the work in any medium provided the authors and the journal are appropriately credited. Below you may find the full text of the license signed by the authors.





