PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN METODE TILAWATI PADA SANTRI TPQ AL-ITTIHAD KEDUNGBANTENG KABUPATEN TEGAL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Pembelajaran Membaca Al Qur’andengan menggunakan metode Tilawati pada Santri TPQ Al-Ittihad Kedungbanteng dan untuk mengetahui faktor pendukung serta penghambat dalam Penerapan Metode Tilawati tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif lapangan (field research). Penelitian ini dilakukan di TPQ Al-Ittihad Kedungbanteng Tegal. Sumber datanya adalah santri TPQ Al-Ittihad Kedungbanteng dan para asatidz serta dokumen-dokumen resmi, buku-buku, hasil penelitian yang berwujud laporan dan sebagainya. Tehnik pengambilan datanya melalui Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah bahwa 1) penerapan metode pembelajaran Tilawati ini dilaksanakan dengan 3 tahap yakni, kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutup. 2) faktor Pendukung dalam penerapan metode ini adalah Waktu belajar yang intensif, yaitu dari hari senin, selasa, rabu dan kamis dengan alokasi waktu 30 menit membuat siswa dapat memahami bacaan huruf dengan cepat dan tepat, serta adanya kerjasama yang baik antar guru membuat kegiatan ini berjalan lancar. Sedangkan Faktor penghambatnya adalah Kurangnya kesepemahaman antar guru menjadikan kurang efektif, serta serta kurang fahamnya orangtua siswa tentang metode Tilawati.
References
Ahmad, Izzan, 2012. Tafsir Pendidikan Studi Ayat-Ayat Berdimensi Pendidikan. Banten: Pustaka Aufa Media
Arief, Armai, 2002, Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Press
Arwani, Muhammad Ulin Nuha, 2004. Thoriqoh Baca Tulis dan Menghafal Al-Qur’an Yanbi‟a. Kudus: Pondok Tahfidz Yanbu‟ul Qur‟an
Basri, Hasan, 2013. Landasan Pendidikan. Bandung: Pustaka Senja
Didin, Jamaluddin, 2010. Metode Pendidikan Anak. Bandung: Pustaka Al Fikriis
Fauzi bin Isnain, Abu Hami,. 2016, Aisar Penuntun Mudah Meluruskan Lisan Para Pembaca Al-Qur’an. Wonosobo: Pustaka Ibnul Jazari
Hamzah, 2006, Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Juwariyah. 2010. Dasar-dasar Pendidikan Anak dalam Al-Qur’an. Yogyakarta: 2010
Lexy J. Moleong, 2013, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Rosda Karya, Edisi Revisi, cet 31
Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia
Moh Roqib. 2009. Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Lkis
Munir, Samsul, 2007, Menyiapkan Masa Depan Anak Secara Islami. Jakarta: Amzah
Muzammil, Ahmad. 2011, Panduan Tahsin Tilawah. Tangerang: Ma‟had Al-Qur’an. Nurul Hikmah
Namsa, Yunus, 2000, Metodologi Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Pustaka Firdaus
Nasrun, Rusli, 2000. Metodologi Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Pustaka Firdaus
Proyek Pembinaan Prasarana dan Sarana Perguruan Tinggi Agama / IAIN di Jakarta. 1984. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Direktorat Jendral Pembinaan Kelembagaan Agama Islam
Sadzili, Hasan dkk. 2009. Tilawati 1 Metode Praktis Cepat Lancar Belajar Membaca Al-Qur’an untuk TK/TP Al-Qur’an. Surabaya: Pesantren Nurul Falah
..................., 2009. Tilawati 6 Metode Praktis Cepat Lancar Belajar Membaca Al-Qur’an untuk TK/TP Al-Qur’an. Surabaya: Pesantren Nurul Falah
...................., 2009. Tilawati 4 Metode Praktis Cepat Lancar Belajar Membaca Al-Qur’an untuk TK/TP Al-Qur’an. Surabaya: Pesantren Nurul Falah
...................., 2009. Tilawati 5 Metode Praktis Cepat Lancar Belajar Membaca Al-Qur’an untuk TK/TP Al-Qur’an. Surabaya: Pesantren Nurul Falah
....................., 2009. Tilawati 3 Metode Praktis Cepat Lancar Belajar Membaca Al-Qur’an untuk TK/TP Al-Qur’an. Surabaya: Pesantren Nurul Falah
......................, 2009. Tilawati 2 Metode Praktis Cepat Lancar Belajar Membaca Al-Qur’an untuk TK/TP Al-Qur’an. Surabaya: Pesantren Nurul Falah
Sugiyono, 2012, Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Suyono, Hariyanto, 2011, Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya
Thobroni. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Tim Munaqisy Pesantren Nurul Falah. 2009. Panduan Munaqosyah. Surabaya: Pesantren Nurul Falah
Tim Redaksi Kamus Bahasa Indonesia. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional
Ummi Fondation. 2007. Modul Sertifikasi Guru Al-Qur’an Metode Ummi. Bandung: Ummi Fondation
Yunahar, Ilyas, 2013. Kuliah Ulumul Qur‟an. Yogyakarta
Yunus, Mahmud,1983. Metodik Khusus Pendidikan Agama. Jakarta: PT Hidakarya Agung
http://kbbi.web.id/metode
http://www.informasi–pendidikan.com/2015/01/berbagai-definisi-membaca- menurut-para.html
http://www.kumpulandefinisi.com/2015/10/pengertian-definisi-tujuan-pendidikan-menurut-para-ahli-html
Copyright (c) 2023 Srifariyati srifariyati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Al-Miskawaih is published under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Authors retain the copyright to their work. Users may read, copy and distribute the work in any medium provided the authors and the journal are appropriately credited. Below you may find the full text of the license signed by the authors.