PEMIKIRAN PENDIDIKAN NASIONALISME HASAN AL BANNA
Abstrak
Abstrak
Tujuan Penelitian ini adalah, pertama untuk mengetahui bagaimana pemikiran pendidikan nasinoalisme Hasan al Banna. Kedua, mengetahui bagaimana relevansi pemikiran pendidikan nasionalisme Hasan al Banna dengan Pendidikan Islam. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan (Library Research) dengan sumber utama kitab “Risalah at Ta’aaliim” Karya Hasan al Banna yang diterbitkan pada tahun 1938 dan Kitab Majmuu’ah Rasaa’il Imam Asy Syahiid Hasan al Banna, yang diterjemahkan oleh Anis Mata dkk dengan judul, Risalah Pergerakan Ikhwanul Muslimin. Data primer dalam penelitian ini adalah data yang berupa kutipan kata-kata, frasa, kalimat pada karya kitab Hasan al Banna. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui analisis tulisan-tulisan Hasan al Banna yang termaktub dalam kitab “Risalah at Ta’aaliim”, setidaknya akan menemukan bagian-bagian penting pemikiran Hasan al Banna tentang pemikiran pendidikan nasionalisme dan relevansinya dengan pendidikan Islam
Referensi
Hasan al Banna, Risaalah at Ta’aaliim, (Tanpa penerbit: Mesir, 1938)
Hasan al Banna, Majmuu’ah Rasaa’il Imam Asy Syahiid Hasan al Banna, terj. Anis Mata dkk, Risalah Pergerakan Ikhwanul Muslimin, (PT Era Adicitra Intermedia: Solo, 2012)
Muhammad Bahrul Ulum dkk, Pancasila Dalm Pusaran Globalisasi, (LKiS: Yogyakarta , 2017)
Suparlan al Hakim dkk, Pendidikan Kewarganegaraan dan Konteks Indonesia, (Madani: Malang, 2016)
Ahmad Fauzi, Pancasila; Konteks sejarah, filsafat, ideology nasional dan ketatanegaraan Republik Indonesia, (Madani Media: Malang, 2020)
K. Salim Bahnasawi, Fikru Sayyid Quthb Fii Miizan asy Syir’i, terj. Butir-butir Pemikiran Sayyid Quthb, (Gema Insani: Jakarta, 2004), 75
Ramayulis dan Samsul Nizar, Ensiklopedi Tokoh Pendidikan Islam, (Quantum Teaching: Ciputat, 2010)
Nurochman Assayyidi, Pendidikan Ekologi Perspektif Islam, Jurnal Hikmatuna, volume 2, nomor 2, Desember 2016
Khoiron Rosyadi, Pendidikan Profetik, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004)
Jalaluddin ‘Abdu al-Rahmān bin Abi Bakr al-Suyûṭi, al-Jāmi’u al-Ṣoghir, Juz I
Pendidikan Kewarganegaraan Demokrasi, HAM dan Masyarakat Madani, Tim Penyususn PUSLIT IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta (IAIN Jakarta Press: Jakarta, 2000)
Achman Warsono Munawwir, Kamus Al Munawwir Indonesia-Arab, (Pustaka Progressif: Surabaya, 2008)
Abdul Aziz, Dhimmi dan Konsep Kewarganegaraan Perspektif Klasik dan Modern, (PT. LKiS Pelangi Aksara: Yogyakarta, 2015)
Sunarso, Pendidikan Kewarganegaran, (PT Remaja Rosdakarya: Bandung, 2020)
https://pusdiklat.bps.go.id
Husain bin Muhammad bin Ali Jabir, ath Thariiq ilaa Jama’atul Muslimin, terj. Aunur Rafiq Shaleh Tamhid, Menuju Jama’atul Muslimin, (Robbani Press: Jakarta, 2001)
https://alhikmah.ac.id/biografi-imam-hasan-al-banna-10-nasehatnya/
Nurcholish Madjid, Islam Universal, (Pustaka Pelajar: Yogyakarta: 2007)
Taufiq Adi Susilo, Sokekarno Biografi Singkat 1901-1970. (Garasi: Yogyakarta, 2020)
Suparlan al Hakim, Budaya Lokal dan Hegemoni Negara, (Intrans Publishing: Malang, 2019)
Ahmad Dzakirin, 8 Dekade Pergulatan Politik Ikhwanul Muslimin Menuju Kekuasaan, (Media Insani Publishing: Surakarta, 2015)
Ahmad Busrotun Nufus dkk, Pendidikan Pancasila Sebagai Paradigma Pembangunan, (Madani Media: Malang, 2022)
https://tafsirweb.com/9783-surat-al-hujurat-ayat-13.html
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##