PENGGUNAAN METODE PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENGASAH KETERAMPILAN WRITING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS

  • Zamzam Musthofa, Lika Fikana, Amir Mukminin STAI Mulia Astuti Wonogiri
Keywords: Project Based Learning, Pembelajaran, Bahasa Inggris, Writing Skills

Abstract

Penggunaan Metode Pembelajaran Project Based Learning ini sangat cocok digunakan karena melibatkan siswa menggunakan penalaran untuk meningkatkan pemikiran kritis, mengambil keputusan tentang pemecahan masalah melalui partisipasi aktif, analisis, evaluasi, dan identifikasi sumber untuk pemecahan masalah terutama dalam meningkatkan keterampilan menulis. Penulisan artikel ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Beberapa teknik yang digunakan dalam Pembelajaran Project Based Learning diantaranya adalah (1) menganalisis siswa (2) menentukan tujuan pembelajaran (3) memilih media dan materi (4) menggunakan media dan material (5) mendorong partisipasi siswa (6) evaluasi dan perbaikan. Dalam penerapannya untuk mengembangkan keterampilan writing siswa di MAN 3 Madiun, guru pengajar memberikan tugas writing berupa penyusunan atau menyalin kalimat dan merangkai kalimat menjadi suatu paragraf sampai menjadi sebuah teks utuh sesuai tema yang ditentukan. Seperti yang kita ketahui bahwa setiap siswa memiliki level atau proficiency yang berbeda dalam penguasaan bahasa Inggris yang tentu hal ini akan berpengaruh saat pembelajaran.

References

Anggraini, Putri Dewi, and Siti Sri Wulandari, ‘Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa’, Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9.2 (2020), 292–99

Argawati, Ningtyas Orilina, and Lilis Suryani, ‘Project-Based Learning in Teaching Writing: The Implementation and Students� Opinion’, English Review: Journal of English Education, 8.2 (2020), 55

Fadli, Muhammad Rijal, ‘Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif’, Humanika, 21.1 (2021), 33–54

Mukminin, Amir, Eka Yuni Purwanti, Pengembangan Jiwa Kewirausahaan Di kalangan Mahasiswa STAIMAS Wonogiri Dengan Model Pembelajaran Berbasis Produksi. PARAMUROBI: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM 4, no 02 (2021), 119-125.

Yuni Purwanti, Eka, Amir Mukminin, Efforts of the Diniyah Takmiliyah Communication Forum in Increasing Interest in Reading the Qur'an, EDUKASI: Jurnal Pendidikan Islam (e-Journal) 9, No. 2 (2021), 184-202.

Mukminin, Amir, Translation teaching strategies for Arabic language education students at the State Islamic Institute (IAIN) Ponorogo, Asalibuna 4, No. 2 (2020), 91-100.

Mukminin, Amir, Dedi Rismanto, Yekti Prihatin. Pelatihan Metode Bernyanyi untuk Pembelajaran Akidah Akhlak di TPA, Transformatif: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3 no. 2 (2022) 117-126.
Mukminin, Amir, Dedi Rismanto, Maragustam Siregar, Maulana Iskandar " Pemikiran Kh Hasyim Asy’ari Tentang Pendidikan Islam Dan Relevansinya Dalam Pendidikan Islam Kontemporer" Permai: Jurnal Pendidikan dan Literasi Madrasah Ibtidaiyah 1, no. 2 (2022) 1-13.

Yuni Purwanti, Eka, Amir Mukminin. "Penerapan Pembelajaran Berbasis Business Plan Untuk Menanamkan Nilai Produk Kreatif Dan Kewirausahaan Pada Peserta Didik Di SMK" Jurnal Lisyabab : Jurnal Studi Islam dan Sosial 2, No. 1 (2021) 79-90

Mukminin, Amir, Tinjauan Hukum Islam Terhadap Sistem Kerjasama Antara Agen dan Penjual Mainan Di Desa Kranggan Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo, Jurnal Lisyabab : Jurnal Studi Islam dan Sosial 1, No. 2 (2020), 255-266.

Hasani, Aceng, Aan Hendrayana, and Arip Senjaya, ‘Using Project-Based Learning in Writing an Educational Article: An Experience Report’, Universal Journal of Educational Research, 5.6 (2017), 960–64

Martina, Feny, and Zelvia Liska Afriani, ‘Pelatihan Pendekatan Genre-Based Pada Pembelajaran Skill Menulis Bagi Guru Bahasa Inggris Smpn 10 Kota Bengkulu’, Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat Pendidikan, 1.1 (2020), 57–73

Murniarti, Erni, ‘Penerapan Metode Project Based Learning’, Journal of Education, 3.2 (2017), 369–80

Priwati, Nurul Budi, ‘Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Materi Menulis (Writing) Melalui Metode ASSURE Terintegrasi Dengan Pembelajaran Berbasis Projek (PjBL) Pada Pelajaran Bahasa Inggris’, JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5.1 (2022), 23–27

Robert, By, and E Bob Brown, ‘No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title’, 1, 2004, 1–14

Sugiharyanti, Endang, ‘Penerapan Model Project Based Learning Berbantuan Moodle E-Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Inggris’, Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7.2 (2022), 212–20

Suhartatik, Suhartatik, and Adi Adi, ‘Pengembangan Model Project-Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Siswa Ponpes Modern Di Malang Raya’, LiNGUA: Jurnal Ilmu Bahasa Dan Sastra, 9.2 (2014)
Lutfiana, Nur Avia, And Zamzam Mustofa. “Implementasi Pendidikan Aqidah Dalam Pembinaan Sikap Siswa Di Mi Bancong.” Muara Aksara 1, No. 1 (2021): 25–36.
Innayah, Amelia, Zamzam Mustofa, And Amir Mukminin. “Upaya Peningkatan Keterampilan Siswa Melalui Program Kelas Keterampilan Tkr (Tata Kecantikan Kulit Dan Rambut) Dan Tokr (Teknik Otomotif Dan Kendaraan Ringan) Di Man 2 Ngawi.” Jurnal Tawadhu 7, No. 1 (2023): 24–32.
Yumni’ah, Siti, Zamzam Mustofa, And Amir Mukminin. “Implementation Of The Sorogan Method In Developing The Character Of Students At The Darussalam Bangunsari Ponorogo Islamic Boarding School.” El-Sanadi 1, No. 1 (2023): 24–31.
Halizah, Pariera Dinar, Zamzam Mustofa, And Amir Mukminin. “Implementasi Media Pembelajaran Audio Visual Sebagai Upaya Menarik Minat Belajar Siswa Pai Dalam Pembelajaran Daring Di Smpn 1 Lembeyan.” Jurnal Pai: Jurnal Kajian Pendidikan Agama Islam 2, No. 1 (2023): 59–72.
Minanti, Afifah Aris, Amir Mukminin, And Zamzam Mustofa. “Analisis Nilai Ketauhidan Pada Kitab Aqidatul Awam Dalam Meningkatkan Ketaqwaan Di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi’in.” Al-Miskawaih: Jurnal Pendidikan Agama Islam 4, No. 1 (2023): 18–30.
Published
2023-12-27