PERSPEKTIF GURU FIKIH MENGENAI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS XI DI MAN PEKALONGAN
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi guru fikih mengenai implementasi kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran Fikih kelas XI di MAN Pekalongan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif, yaitu dengan mendeskripsikan dan menganalisis berbagai peristiwa, kondisi, dan situasi dari beberapa data yang dikumpulkan. Hasil penelitian ini yaitu bahwa kurikulum merdeka memebrikan dampak yang sangat baik bagi peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari semangat belajar dari peserta didik yang tampak menikmati proses selama pembelajaran. Artinya, kefektifan sangat jelas terlihat dengan adanya penerapan kurikulum Merdeka dibandingkan dengan kurikulum sebelumnya.
Referensi
Alpian, Yayan. (2019). “Pentingnya Pendidikan Bagi Manusia” Jurnal Buana Pengabdian.
Apriyanto, M.T. & Herlina, L. (2020). “Analisis Prestasi Belajar Matematika pada Masa Pandemi Ditinjau dari Minat Belajar Siswa” Prosiding Seminar Nasional dan Diskusi Panel Pendidikan Matematika Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta.
Arif Shaifudin. “Fiqih Dalam Perspektif Filsafat Ilmu: Hakikat Dan Objek Ilmu Fiqih.” Al- Manhaj: Jurnal Hukum dan Pranata Sosial Islam 1.2 (2019).
Aziz, Abdul & Syofnidah Ifrianti. (2015). “Upaya Guru Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fiqih di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Mukti Karya Kecamatan Panca Jaya Kabupaten Mesuji.” TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 2(1). Undang-undang Republik Indnesia No. 20 Tahun tentang SIKDIKNAS (Sistem Pendidikan Nasional).
Baro’ah, Siti. (2020). “Kebijakan merdeka belajar sebagai strategi peningkatan mutu pendidikan.” Jurnal Tawadhu, 4(1).
Bastari, Khabib. (2021). “Belajar Mandiri dan Merdeka Belajar Bagi Peserta Didik, Antara Tuntutan dan Tantangan” Academia: Jurnal Inovasi Riset Akademik, 1(1).
Binti Maunah, Ilmu Pendidikan, (Jember: Center For Society Studies, 2017).
Djunaid, Hamzah. (2014). “Konsep Pendidikan dalam Al-Quran (Sebuah Kajian Tematik)” Jurnal Lentera Pendidikan, 17(1).
Handayani, Eka Putri Handayani & Arif Rohman. (2020). “Paradigma Bahagia Itu Mencerdaskan Ikhtiar Membangun Kemerdekaan Belajar Anak Usia Dini.” Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(3).
Hermanto, Bambang. (2020). “Perekayasaan sistem pendidikan nasional untuk mencerdaskan kehidupan bangsa”, Jurnal FOUNDASIA.
Hidayat Sholeh, Pengembangan Kurikulum Baru, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya Bandung, 2015), hal.60.
Juita, Dewi, and M. Yusmaridi. "The Concept of “Merdeka Belajar” in the Perspective of Humanistic Learning Theory." SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS) 9.1 2021.
Kasiram, Kapita Selekta Pendidikan ( Malang: Biro Ilmiyah, 2003).
Kemendikbud. (2019). Merdeka Belajar: Pokok-Pokok Kebijakan Merdeka Belajar. Jakarta: Makalah Rapat Koordinasi Kepala Dinas Pendidikan Seluruh Indonesia.
Kementerian Agama RI. (2019). Quran Kemenag Add-Ins Microsoft Word.
Khaeruddin, dkk. (2007). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Konsep Dan Implementtasinya di Madrasah. Yogjakarta: Nusantara Aksara.
Kunandar, Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan sukses dalam Sertifikasi Guru, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2009).
Mulyasa, E. (2016). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nurdin, Muhammad. (2016). Kiat Menjadi Guru Profesional. Yogyakarta: ArRuzz Media.
Pengertian Guru https://smamyserang.sch.id/baca/pengertian-guru-definisi-tugas-dan-peran- guru-dalam-pendidikan (Diakses 28 Juli 2023).
R, Kreitner dan Kinicki, Perilaku Organisasi, (Jakarta: Salemba Empat, 2007).
Ramayulis, Profesi dan Etika Keguruan, (Padang: Rineka Cipta, 2012).
Ritonga, Maimuna. (2018). “Politik dan Dinamika Kebijakan Perubahan Kurikulum Pendidikan Di Indonesia Hingga Masa Reformasi.” Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2).
Saleh, Meylan. "Merdeka belajar di tengah pandemi Covid-19." Prosiding Seminar Nasional Hardiknas. Vol. 1. 2020.
Suhartono, Oki. "Kebijakan merdeka belajar dalam pelaksanaan pendidikan di masa pandemi covid-19." Ar-Rosikhun: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1.1, 2021.Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 2016).
Suwarto, and Hulman Fajri. “Persepsi Orang Tua Terhadap Proses Bimbingan Belajar Anak Di Rumah.” SAP (Susunan Artikel Pendidikan) 3.1 (2018).
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##