MANAJEMEN PENDIDIKAN ANTI RADIKALISME MELALUI P5 DI SDIT SALSABILA 5 PURWOREJO
Abstrak
Radikalisme merupakan suatu paham yang sangat berbahaya jika berkembang dikalangan remaja. Oleh karena itu dalam mencegah bahaya radikalisme ini tidak cukup jika hanya menggunakan jalur hukum, polisi, dan pemerintahan saja, akan tetapi juga perlu melibatkan dunia pendidikan. Pendidikan disini yang dimaksud adalah pendidikan di sekolah formal, mengapa demikian, karena pendidikan formal merupakan pendidikan yang dilaksanakan dengan cara yang teratur, konsisten, sistematis, direncanakan, dan mempunyai jenjang sehingga lebih terarah. Berangkat dari kasus tersebut peneliti berkesempatan untuk mengadakan penelitian di SDIT Salsabila 5 Purworejo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, data display dan verifikasi. Hasil penelitian adalah langkah-langkah pembelajaran P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) dalam mencegah radikalisme. Strategi pembelajaran P5 dengan pendekatan kepada siswa, melakukan pembiasaan-pembiasaan yang dapat membentuk pribadi siswa cinta pancasila, menjelaskan bahaya radikalisme, melakukan acara-acara keagamaan salah satunya dengan upacara peringatan hari santri, peringatan isro’ mi’roj, dan juga membuat buku pribadi siswa yang berisi tentang tata tertib sekolah dan juga point-point pelanggaran yang dilakukan oleh siswa.
Referensi
Abdul Hafizh Suwaid, Muhammad Nur. “Prophetic Parenting Cara Nabi Mendidik Anak”. ( Yogyakarta. Pro-U Media.) 2010
Ahmad Tafsir. “Ilmu Pendidikan Perspektif Islam”. (Bandung. PT Remaja Rosdakarya, 2011
Baidan, N. “Rekontruksi Ilmu Tafsir’. (PT. Dana Bhakti Prima Yasa,2000
Doni Koesoema, “Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global”(Jakarta: Grasindo, 2007
Doni Koesoema A.,“Pendidikan Karakter, Strategi Mendidik Anak di Zaman Global,” (Jakarta: Grasindo, 2010
Saiful Falah,. Parents Power “Membangun karakter Anak melalui Pendidikan Keluarga”.( Jakarta: republika) 2010
Imam Fauzi Ghifari Radikalisme di Internet Religious: Jurnal Agama dan Lintas Budaya 1, 2 (Maret 2017): 123-134 12
jurnal.itbsemarang
Kartono. “Kenakalan Remaja.” (Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada,2013
M.Thalib.”Tanggung Jawab Orang Tua terhadap Anak”. (Jakarta. Pustaka Al Kautsar,1993
M. Yatimin, “Studi Akhlak dalam Perspektif Islam”, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006
Purwanto, M. Ngalim, Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, Bandung: Rosdakarya, 1995
Turmudzi, Endang dan Riza Sihbudi (ed)., Islam dan Radikalisme Di Indonesia, Jakarta: LIPI Press, 2005
Saiful Falah,. Parents Power “Membangun karakter Anak melalui Pendidikan Keluarga”.( Jakarta: republika) 2010
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##