Efektivitas Pendidikan Agama dalam Pendidikan Formal Pendidikan Keluarga
Abstract
Tujuan tulisan ini memaparkan tentang pentingnya membangun pendidikan agama dalam pendidikan formal maupun dalam pendidikan keluarga. Pemaparan tulisan ini didasarkan pada analisis dari data pustaka dengan model deskriptif. Dari hasil pembahasan dapat diperoleh kesimpulan bahwa pendidikan keluarga dalam kehidupan anak dapat membentuk emosional atau kebutuhan akan rasa kasih sayang dapat dipenuhi atau dapat berkembang dengan baik, hal ini dikarenakan adanya hubungan darah antara pendidik dengan anak didik. Konsep pendidikan sekolah untuk membimbing, mengarahkan dan mendidik. Kehadiran guru dalam proses pembinaan maupun pembelajaran di lembaga sekolah formal mempunyai peran yang penting, peran guru tersebut belum dapat digantikan oleh teknologi modern sekalipun. Banyak unsur manusiawi seperti sikap, sistem nilai, perasaan, motivasi, kebiasaan dan keteladanan yang diharapkan dari hasil proses pembelajaran yang tidak dapat dicapai kecuali melalui pendidik.
Copyright (c) 2022 Hafiedh Hasan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Bashrah is published under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Authors retain the copyright to their work. Users may read, copy and distribute the work in any medium provided the authors and the journal are appropriately credited. Below you may find the full text of the license signed by the authors.