MEMAHAMI KARAKTERISTIK BAHASA ARAB UNTUK PEMBELAJARAN

  • Faliqul Isbah UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
Keywords: Karakteristik, Bahasa Arab, Pembelajaran

Abstract

Pembelajaran Bahasa Arab bagi non Penutur masih menjadi hal yang sulit dicapai, hal ini dikarenakan kurangnya pemahaman pengajar akan karekteristik Bahasa arab sendiri. Sehingga terjadi perasaan yang menggiring pada penyamaan Bahasa Arab dengan Bahasa asli penutur. Pengajar harus memaksa menyesuaikan contoh Bahasa Arab dengan Bahasa-bahasa keseharian murid, padahal karakter Bahasa yang ada sudah tentu berbeda. Maka menjadi hal yang penting untuk menerapkan pembelajaran Bahasa Arab pmelalui emahaman karakteristiknya.

Penelitian ini menggunakan metode kualitiatif dengan pendekatan kajian pustaka., sumber data penelitian ini dari buku, jurnal dan artikel yang berkaitan dengan kajian. KemudianĀ  dikaji, analisis mendalam untuk mendapatkan data yang sesuai dengan topik.

Hasil penelitian ini menunjukan ada dua karakteristik Bahasa Arab yaitu universal dan sistemik. Pemahaman pengajar Bahasa arab terutama pada karakteristik sistemik sangat diperlukan agar mereka dapat menyesuaikan strategi dan teknik pembelajaran Bahasa arab yang meliputi pada aspek huruf, bunyi, mufradat dan kalimat.

Published
2023-05-05