A Penggunaan Metode Bernyanyi untuk Pembelajaran Mufrodat
Abstract
Bahasa adalah sistem lambang bunyi yang digunakan oleh segolongan masyarakat tertentu untuk berkomunikasi dan berinteraksi. Keberhasilan pembelajaran bahasa dipengaruhi oleh metode pembelajaran yang digunakan, karena metode adalah suatu cara untuk memudahkan suatu hal yang sulit menjadi lebih mudah. Salah satu hal yang perlu dipelajari dalam pembelajaran bahasa Arab adalah mufradāt.
Mufradāt merupakan sarana atau media untuk belajar bahasa Arab, bukan tujuan pembelajaran bahasa Arab itu sendiri. Meskipun demikian tidak dapat dipungkiri bahwa kosakata merupakan hal penting dalam pembelajaran bahasa asing termasuk bahasa Arab. Penerapan metode bernyanyi yaitu memperkenalkan nyanyian baru kemudian menyanyikan seluruh bagian lagu, kemudian baru menyanyikan dari bait per bait.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Dengan sumber data berupa literatur terkait. Teknik pengumpulan data menggunakan studi pustaka, dan dokumentasi. Dengan adaya penelitian ini diharapkan dapat menambah referensi dan meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Arab khususnya dalam pembelajaran mufradāt. Hasil dari penelitian ini adalah menjelaskan mengenai konsep dasar, langkah langkah serta strategi yang digunakan dalam pembelajaran mufrodat menggunakan metode bernyanyi.
Copyright (c) 2024 shinta felisa, nabila faizatul, irma qurrotul

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Bashrah is published under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Authors retain the copyright to their work. Users may read, copy and distribute the work in any medium provided the authors and the journal are appropriately credited. Below you may find the full text of the license signed by the authors.







