KEMAMPUAN GURU BAHASA ARAB DALAM MENYUSUN SOAL HIGHER ORDER THINGKING SKILLS (HOTS) PADA PENILAIAN AKHIR SEKOLAH (PAS) DI MAN 3 SLEMAN

  • nursoleh nursoleh UIN Salatiga
Keywords: Kemampuan Guru, Bahasa Arab, Soal HOTS, PAS

Abstract

Penelitian menghasilkan data bahwa penyusunan soal HOTS Bahasa Arab pada Penilaian Akhir Sekolah (PAS) kelas X/XI PIPA/PIPS/PK, dan kelas XII PK dilakukan oleh guru mata pelajaran mengacu kepada silabus mata pelajaran yang sudah diajarkan di kelas. Kemampuan guru kelas X/XI PIPA/PIPS/PK dalam menyusun kisi-kisi soal HOTS secara akumulatif memiliki predikat baik dengan nilai persentase 75,03% dan kemampuan guru dalam menyusun soal HOTS secara akumulatif mendapat predikat baik dengan nilai presentase 75%. Materi yang diujikan masih rendah tingkat kontekstualnya. Proses penyusunan soal tersebut sudah dilakukan melalui perencanaan yang jelas. Kemudian komposisi soal HOTS Bahasa Arab pada Penilaian Akhir Sekolah (PAS) dilihat dari tingkat kognitif berdasarkan Taksonomi Bloom, memiliki dominasi yang seimbang dengan soal-soal yang masuk kriteria soal LOTS.

Published
2024-05-02