PERSEPSI DAN SIKAP SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN AL IKHWAN PEMALANG
Abstract
Pembelajaran sebagai hubungan peserta didik dengan guru untuk mendapati pengetahuan dengan cara interaksi. Dalam prosesnya menghadirkan persepsi dan sikap. Hal ini bisa dijadikan sebuah acuan keberhasilan pembelajan menurut peserta didik. Dalam penelitian ini mempnyai tujuan mengetahui bagaimana persepsi dan sikap sosial dalam pembelajaran bahasa arab di Pondok Pesantren Al Ikhwan Pemalang. Peneliti menggunakan metode kualitatif dalam mencari data. Diawali oleh observasi, wawancara mendalam. Adapun teknik analisisnya menggunakan analisis morfologi bahasa dengan tahapan mencatat, mengidentifikasi, kemudian mendeskripsikan data yang telah diperoleh saat penelitian lapangan. Hasil penelitian ini menghasilkan bahwa persepsi peserta didik terhadap pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab bahasa arab di Pondok Pesantren Al Ikhwan Pemalang termasuk dalam kategori baik. Hal ini dikuatkan dengan sikap mahasiswa terhadap pelaksanaan pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab dengan menggunaan media buku ajar yang berjudul Durusulughah Al-'Arabiyyah Lighairin Nathiqina Biha di Pondok Pesantren Al Ikhwan Pemalang termasuk baik. Hal ini ditunjukkan dalam hasil penelitian yang menyatakan bahwa responden memiliki rasa bahagia dan dapat mengkuti pembelajaran dengan kerjasama dan saling support satu dengan yang lain dan dinyatakan baik. Pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Al Ikhwan Pemalang metode dan media ajar dapat dilakukan oleh lembaga pendidikan yang lain.
Copyright (c) 2024 Ridwan Ridwan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Bashrah is published under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Authors retain the copyright to their work. Users may read, copy and distribute the work in any medium provided the authors and the journal are appropriately credited. Below you may find the full text of the license signed by the authors.