PENDEKATAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH IBTIDAIYAH

  • Mochamad Afroni STIT Pemalang
  • Anisa Ristiana Institut Agama Islam Pemalang
Keywords: Pendekatan, Pembeajaran bahasa Arab, Madrasah Ibtidaiyah

Abstract

Langkah awal dalam proses pembelajaran adalah pemilihan pendekatan. Sukses tidaknya pembelajaran dipengarungi oleh tepatnya pemilihan pendekatan pembelajaran. Pembelajaran merupakan aktivitas yang sengaja diciptakan agar terjadinya proses belajar-mengajar. Begitupun pembelajaran bahasa Arab. Dalam penelitian ini menghadirkan macam-macam pendekatan pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab khususnya dalam tingkat Madrasah Ibtidaiyah. Pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab ditentukan oleh pendekatan yang digunakan, sebagai pedoman dalam proses pembelajaran, agar arah dan tujuan pembelajaran menjadi jelas dan terarah. Pendekatan pembelajaran secara umum terbagi dua, yaitu pendekatan pembelajaran yang berpusat pada guru yang melahirkan strategi pembelajaran teacher centered; dan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa yang melahirkan strategi pembelajaran student centered. Adapun fungsi pendekatan dalam pembelajaran diantaranya; arah dan tujuan pembelajaran bahasa Arab dapat direncanakan dengan jelas, hingga menciptakan kreativitas peserta didik dalam memberikan flashback.

Published
2024-05-09