PENDEKATAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH IBTIDAIYAH
Abstract
Langkah awal dalam proses pembelajaran adalah pemilihan pendekatan. Sukses tidaknya pembelajaran dipengarungi oleh tepatnya pemilihan pendekatan pembelajaran. Pembelajaran merupakan aktivitas yang sengaja diciptakan agar terjadinya proses belajar-mengajar. Begitupun pembelajaran bahasa Arab. Dalam penelitian ini menghadirkan macam-macam pendekatan pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab khususnya dalam tingkat Madrasah Ibtidaiyah. Pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab ditentukan oleh pendekatan yang digunakan, sebagai pedoman dalam proses pembelajaran, agar arah dan tujuan pembelajaran menjadi jelas dan terarah. Pendekatan pembelajaran secara umum terbagi dua, yaitu pendekatan pembelajaran yang berpusat pada guru yang melahirkan strategi pembelajaran teacher centered; dan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa yang melahirkan strategi pembelajaran student centered. Adapun fungsi pendekatan dalam pembelajaran diantaranya; arah dan tujuan pembelajaran bahasa Arab dapat direncanakan dengan jelas, hingga menciptakan kreativitas peserta didik dalam memberikan flashback.
Copyright (c) 2024 Mochamad Afroni, Anisa Ristiana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Bashrah is published under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Authors retain the copyright to their work. Users may read, copy and distribute the work in any medium provided the authors and the journal are appropriately credited. Below you may find the full text of the license signed by the authors.







