Keterampilan Dasar Mengajar Guru dalam Melaksanakan Pembelajaran Di SD Negeri 01 Pekiringanageng Kajen Pekalongan
Abstract
Keterampilan dasar mengajar merupakan kompetensi profesional yang cukup
kompleks, sebagai integrasi dari berbagai kompetensi guru secara utuh dan
menyuluruh. Menurut Amstrong (dalam Wahyulestari, 2018) menyatakan
keterampilan dasar guru adalah kemampuan menspesifikasi tujuan performasi,
kemampuan mendiagnosa murid, keterampilan memilih strategi penajaran,
kemampuan berinteraksi dengan murid, dan keterampilan menilai efektifitas
pengajaran.
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 01 Desa pekiringanageng,
Kecamatan Kajen kabupaten pekalongan. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui bagaimana keterampilan dasar mengajar guru di SD Negeri 01
pekiringanageng, kajen kabupaten pekalongan. Subjek dalam penelitian ini adalah
guru kelas yang berjumlah 15 orang, terdiri dari 4 orang guru laki-laki dan 11
orang guru perempuan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan
deskriptif kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan analisis dokumen
pada sejumlah guru di SD Negeri 01 pekiringanageng, kajen. Hasil penelitian
menunjukan, keterampilan dasar mengajar guru di SD Negeri 01 Pekiringanageng
Kajen memperoleh nilai rata-rata sebesar 78.9 dengan kategori baik. Secara garis
besarnya dapat disimpulkan bahwa penggunaan keterampilan dasar mengajar
guru dalam pelaksanaan pembelajaran sudah tergolong baik.
Copyright (c) 2025 Wulan Pramudita Kurnia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Ibtida diterbitkan di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License . Penulis mempertahankan hak cipta atas karya mereka. Pengguna dapat membaca, menyalin, dan mendistribusikan karya dalam media apa pun asalkan penulis dan jurnal dikreditkan dengan tepat. Di bawah ini Anda dapat menemukan teks lengkap lisensi yang ditandatangani oleh penulis.
