RELEVANSI MANAJEMEN KELAS PENDIDIKAN INKLUSI TINGKAT MADRASAH IBTIDAIYAH

Analisis Buku Panduan Pelaksanaan Pendidikan Inklusif

  • Anas Anas

Abstract

Manajemen kelas pada pendidikan inklusi terutama pada tingkat madrasah ibtidaiyah (MI) memiliki peranan penting dalam mengelola kelas. Sehingga tujuan dari pembelajaran dapat tercapai. Sebagaimana yang terdapat pada buku panduan pelaksanaan pendidikan inklusi.

Adapum pada penelitian ini bertujuan untuk menganalisis relevansi konsep manajemen kelas dalam pendidikan inklusi sebagaimana tercantum dalam Buku Panduan Pelaksanaan Pendidikan Inklusif terhadap kebutuhan pembelajaran di tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI).

Penelitian yang dilakukan  menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka, yaitu dengan menelaah secara mendalam isi buku panduan serta literatur terkait manajemen kelas dan pendidikan inklusi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa prinsip-prinsip manajemen kelas sangatlah penting sebagaimana yang dikemukakan dalam buku panduan tersebut, seperti pengelolaan lingkungan belajar, strategi pembelajaran yang beragam dan pendekatan individual terhadap peserta didik, memiliki kesesuaian dengan karakteristik peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah yang heterogen, termasuk peserta didik berkebutuhan khusus. Pada panduan ini dapat dijadikan acuan dalam penerapan manajemen kelas yang inklusif dan adaptif di lingkungan madrasah. Penelitian ini merekomendasikan adanya pelatihan berkelanjutan bagi guru Madrasah Ibtidaiyah (MI) agar mampu menerapkan prinsip-prinsip tersebut secara efektif dalam praktik pembelajaran sehari-hari.

Published
2025-04-23