PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS V MI HIDAYATUL MUBTADI’IN TEGALSARI BARAT KECAMATAN AMPELGADING KABUPATEN PEMALANG TAHUN AJARAN 2019-2020

  • Avifatul Avidah STIT Pemalang

Abstract

Penelitian ini dilakukan guna mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar pada pembelajaran tematik. Supaya bisa belajar dengan baik, perlu mendengar, melihat, mengajukan pertanyaan tentang materinya dan membahasnya dengan orang lain. Selain itu, peserta didik perlu mengerjakannya, yaitu dengan menggambarkan sesuatu dengan caranya sendiri, dengan begitu peserta didik akan lebih mempunyai wawasan yang luas tentang belajar mereka. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatf. Berdasarkan penelitian hasil belajar tematik masuk dalam kategori baik. Hal ini dilihat dari hasil belajar nilai PTS tema 2 dengan rata-rata 78. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Model pembelajaran kooperatif tipe STAD memilik pengaruh signifikan terhadap hasil belajar tematik peserta didik kelas V di MI Hidayatul Mubtadi’in Tegalsari Barat Kecamatan Ampelgading Kabupaten Pemalang Tahun Ajaran 2019/2020 yaitu dengan hasil analisa data yang dilakukan dengan menggunakan rumus product moment diperoleh rhitung sebesar 0,900 dan setelah dikonsultasikan pada rtabel dengan N=22 taraf signifikasi 5% = 0,423, maka rhitung > rtabel atau (0,900)>(0,423)

Published
2021-04-19