PENGARUH METODE JARIMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS 4 DI MI FUTUKHIYAH PAMULIAN, WARUNGPRING, PEMALANG TAHUN AJARAN 2019/2020
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode jarimatika terhadap hasil belajar siswa kelas 4 MI Futukhiyah Pamulian, Kecamatan Warungpring, Kabupaten Pemalang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa metode jarimatika di MI Futukhiyah Pamulian Kecamatan Warungpring Kabupaten Pemalang Tahun Ajaran 2019/2020 sudah efektif dalam pembelajaran dan merupakan pembelajaran yang mengasyikan untuk peserta didik karena metode pembelajarannya menarik bagi peserta didik terbukti dari hasil penelitian dengan nilai rata-rata 72,64 yang masuk dalam kategori baik yang berada pada interval 70-76. Hasil belajar siswa MI Futukhiyah Pamulian Kecamatan Warungpring Kabupaten Pemalang Tahun Ajaran 2019/2020 termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 78,42 yang berada pada interval 75-80. Metode jarimatika memilik pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa MI Futukhiyah Pamulian Kecamatan Warungpring Kabupaten Pemalang Tahun Ajaran 2019/2020 yaitu dengan hasil penelitian hasil analisa data yang dilakukan dengan menggunakan rumus product moment diperoleh rhitung sebesar 0,919 dan setelah dikonsultasikan pada rtabel dengan N=21 taraf signifikasi 5% = 0,433, maka rhitung > rtabel atau (0,919)>(0,433).

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Ibtida diterbitkan di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License . Penulis mempertahankan hak cipta atas karya mereka. Pengguna dapat membaca, menyalin, dan mendistribusikan karya dalam media apa pun asalkan penulis dan jurnal dikreditkan dengan tepat. Di bawah ini Anda dapat menemukan teks lengkap lisensi yang ditandatangani oleh penulis.
