EFEKTIFITAS HAFALAN AL-QURAN JUZ 30 DI MI MUHAMMADIYAH DESA BANYUMUDAL KECAMATAN MOGA KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

  • Eka Mulyanti STIT Pemalang

Abstract

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangakan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan Negara. Al-Qur’an berperan sebagai pedoman hidup bagi manusia, dan sudah sepantasnya sebagai seorang muslim untuk senantiasa memuliakan Al-Qur’an dengan cara membaca, mempelajari, mengajarkannya, serta menghafalanya. Memiliki hafalan Al-Qur’an sangat jelas merupakan harapan yang hampir dimiliki oleh seluruh umat islam. Betapa tidak, setiap penghafal dijanjikan oleh Allah bermacam anugerah. Seperti jaminan syafaat ketika di akhirat kelak, derajat yang tinggi sebagai keluarga Allah, dan diberikan kebaikan membawa keluarganya ke-Syurga. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskritif. Penelitian kualitatif deskritif menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah tahfidul Quran Juz 30 atau hafalan Al-Quran Juz 30 di MI Muhammadiyah Desa Banyumudal Kecamatan Moga Kabupaten pemalang merupakan kegiatan yang efektif. Adapun beberapa faktor pendukung kegiatan seperti lingkungan dan Motivasi. Sedangkan faktor yang menghambat kegiatan ini ialah tidak adanya kerjasama orang tua dan guru serta pengaruh pertemanan (gadget).

Published
2021-04-19