PELAKSANAAN PEMBIASAAN SHALAT DHUHA BERSAMA DALAM PEMBENTUKAN KEDISIPLINAN IBADAH SHALAT FARDHU PESERTA DIDIK KELAS V MI MIFTAHUL ULUM KEJENE RANDUDONGKAL PEMALANG TAHUN 2021

  • Srifariyati STIT Pemalang
  • Dulmanap Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Pemalang
Keywords: Pembiasaan shalat Dhuha, kedisiplinan shalat fardhu, siswa kelas V

Abstract

Metode pembiasaan dalam pembelajaran  memberikan manfaat bagi Peseta didik dalam melakukan kegiatan belajar sehingga keterampilan maupun perilaku yang diharapkan dapat dibiasakan secara baik. Dengan pola pembiasaan ibadah anak didik lambat laun akan memiliki kebiasaan yang baik dan tumbuh disiplin dalam beribadah. Penanaman pembiasaan akan membentuk disiplin diri, anak akan mampu menata diri dengan berbagai pengalamannya melalui kegiatan shalat bersama secara tepat waktu.

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan sumber data primernya adalah peserta didik kelas V, Guru kelas, wali murid dan kepala sekolah. Sedangkan sumber data sekundernya adalah dokumen dan buku-buku yang terkait dengan penelitian ini. Penelitian ini dilakukan pada peserta didik kelas V MI Miftahul Ulum Kejene tahun 2021. Tehnik pengambilan datanya dengan observasi, wawancara dan dokumentasi.

Hasil penelitian ini adalah 1) Pelaksanaan pembiasaan Ibadah shalat dhuha bersama  peserta didik kelas V di MI Miftahul Ulum desa Kejene Kecamatan Randudongkal Kabupaten Pemalang pada Tahun Pelajaran 2021/2022 dilaksanakan setiap hari senin, kamis, dan Sabtu. Kegiatan ini dilaksanakan bersama dengan peserta didik kelas I, II, III, IV dan kelas VI. Mereka melaksanakan sholat dhuha dibimbing oleh guru kelas masing-masing  di masjid Nurul Huda, masjid yang dekat dengan MI Miftahul Ulum, dari mulai pukul 06.30 sd pukul 07.00WIB sebelum pembelajaran formal. 2) Kedisiplinan beribadah peserta didikkelas V MI Miftahul Ulum Kejene Kecamatan Randudongkal Kabupaten Pemalang tahun 2021 dapat terbentuk melalui pembentukan kebiasaan yang baik dalam kegiatan keagamaan yang diterapkan di sekolah. Kedisiplinan tersebut lambat laun membentuk pribadi dan karakter Peserta didik menjadi pribadi yang berdisiplin dalam segala aspeknya. Kegiatan shalat dhuha bersama yang dilakukan madrasah sebagai wahana latihan Peseta didik untuk melakukan ibadah shalat dengan  tepat waktu, disiplin beribadah terutama shalat lima waktu, melatih hidup berkelompok, dan latihan hidup bermasyarakat.

Published
2020-08-28