PERAN ORANG TUA TERHADAP PENDIDIKAN ANAK USIA SEKOLAH (Studi di Desa Warungpring, Kec. Warungpring, Kab. Pemalang)

  • Mu'ammar Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Pemalang
  • Nur Hikmah
Keywords: Peran Orang Tua, Pendidikan, dan Anak Usia Sekolah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam pendidikan anak usia sekolah di dusun Pamulian Rt. 07/Rw. 05 Kecamatan Warungpring, Kabupaten Pemalang. Penelitian ini merupakan bidang deskriptif kualitatif yang terjadi di dusun Pamulian Rt. 07/Rw. 05 Warungpring Pemalang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi bahwa peran yang dimainkan oleh orang tua, dapat disimpulkan bahwa peran orang dalam pendidikan anak usia sekolah berada dalam kategori yang cukup baik, meskipun terdapat kendala yang dialami oleh orang tua dalam pendidikan anak usia sekolah. Peran orang tua dalam pendidikan anak usia sekolah sangat dibutuhkan dan sangat mempengaruhi tumbuh kembang anak usia sekolah, juga menjadi bekal bagi anak-anak dalam menjalani kehidupan di masa depan, baik di dunia ini maupun di akhirat. Dengan adanya pendampingan orang tua dalam pendidikan agama, pendidikan moral, pendidikan keilmuan dan pendidikan sosial, mereka akan mampu mengarahkan anak untuk menjadi individu yang lebih baik, dalam hal ibadah, perilaku, pengetahuan, dan sosialisasi dengan masyarakat dengan baik. Kendala yang dihadapi orang tua dalam pendidikan anak usia sekolah antara lain kesibukan orang tua dalam bekerja, mengurus rumah dan sebagainya agar tidak selalu mendampingi dan mengawasi anak. Kendala selanjutnya adalah rendahnya tingkat pendidikan orang tua dan faktor pengaruh lingkungan

Published
2020-08-28