METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH TENTANG AKHLAK TERPUJI
Abstract
Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus yaitu Siklus I dan Siklus II. Untuk pengambilan datanya peneliti menggunakan metode observasi langsung dengan siswa sebagai obyek penelitian dan sumber penelitian, dengan perhitungan analisa deskritf analisis yang dijabarkan dengan menggunakan pola penelitian kualitatif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:
Pemahaman tentang akhlak terpuji pada siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah sebelum menggunakan metode Problem Solving hasil belajar siswa masih kurang baik. Hal tersebut dapat dapat dilihat dari kondisi awal pra siklus penelitian siswa yang tuntas KKM hanya ada 11 siswa (65) dari 17 siswa.Penerapan metode Problem Solving dalam pembelajaran akhlak terpuji pada siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah berjalan dengan sangat baik, hal ini dapat dilihat dari menurunnya jumlah siswa yang belum tuntas KKM, sebelum menggunakan metode Problem Solving ada 6 siswa (35%) yang belum tuntas KKM, siklus I ada 4 siswa (24%) belum tuntas KKM, dan siklus II ada 0 siswa (0%). Penerapan metode Problem Solving dapat berhasil meningkatkan pemahaman tentang akhlak terpuji
Copyright (c) 2020 Oni Marlina Susianti, Akhmad Zaenul Ibad, Umi Kulsum
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Ibtida diterbitkan di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License . Penulis mempertahankan hak cipta atas karya mereka. Pengguna dapat membaca, menyalin, dan mendistribusikan karya dalam media apa pun asalkan penulis dan jurnal dikreditkan dengan tepat. Di bawah ini Anda dapat menemukan teks lengkap lisensi yang ditandatangani oleh penulis.