ANALISIS PEMBELAJARAN ONLINE MELALUI WHATSAPP GRUP DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VI DI PAMEKASAN - MADURA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran online melalui whatsapp grup dalam meningatkan motivasi belajar, beserta kendala dan solusi yang dihadapi sekolah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun informasi diperoleh dari kepala sekolah SDN Pademawu Barat I, Guru kelas VI.A, dan empat orang siswa kelas VI.A. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : pertama, pembelajaran online melalui whatsapp grup di kelas VI A SDN Pademawu Barat I dilakukan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Kedua, Dalam proses pembelajaran guru menerapkan beberapa tahapan dalam pelaksanaan pembelajaran online, seperti memberi salam pembuka, menanyakan kabar, mengirim penjelasan materi pemebelajaran, memberikan tugas dan lain sebagainya.. Ketiga, kendala-kendala yang dihadapi saat pembeajaran online yaitu, fasilitas elektronik(HP), jaringan, dukungan orang tua, kurangnya pengetahuan terhadap penggunaan aplikasi pada media elektronik. Namun terdapat beberapa solusi untuk mengatasi kendala yang dihadapi dalam pemebejaran online seperti, melakukan kegiatan guru kunjung, memberikan kouta gratis sesuai jaringan, melakukan pemantauan pada siswa secra pribadi, dan memilih aplikasi yang sering digunakan oleh masayarakat.
Kata Kunci : Pembelajaran, Online, Whatsapp grup, Motivasi belajar
Abstract
This study aims to describe the application of online learning through whatsapp groups in increasing learning motivation, along with obstacles and solutions faced by schools. The research method used in this study is a qualitative approach, with a descriptive type of research. Sources of data in this study obtained from interviews, observations, and documentation. The information was obtained from the principal of SDN Pademawu Barat I, class VI.A teachers, and four students in class VI.A. The results of this study indicate that: first, online learning through whatsapp groups in class VI A SDN Pademawu Barat I was carried out to increase students' learning motivation. Second, in the learning process the teacher applies several stages in the implementation of online learning, such as giving greetings, asking for news, sending explanations of learning materials, giving assignments and so on. Third, the obstacles faced during online learning are electronic facilities (HP). ), network, parental support, lack of knowledge of the use of applications on electronic media. However, there are several solutions to overcome the obstacles faced in online learning such as conducting visiting teacher activities, providing free quotas according to the network, monitoring students personally, and choosing applications that are often used by the community.
Keywords: Learning, Online, Whatsapp group, Learning motivation
Ibtida diterbitkan di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License . Penulis mempertahankan hak cipta atas karya mereka. Pengguna dapat membaca, menyalin, dan mendistribusikan karya dalam media apa pun asalkan penulis dan jurnal dikreditkan dengan tepat. Di bawah ini Anda dapat menemukan teks lengkap lisensi yang ditandatangani oleh penulis.
