PERANAN GURU FIKIH DALAM PEMBINAAN IBADAH SHOLAT PADA KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH SALAFIYAH 01 KALIMAS

  • Ridwan Iwan STIT Pemalang
Keywords: Guru Fikih, Sholat lima waktu, Siswa Kelas V

Abstract

Guru Fikih dituntut peran aktif membina anak didik agar menjadi hamba yang suka beribadah kepada Allah. Guru fikih merupakan pendidik utama di sekolah untuk membina ibadah anak didik setelah orang tua. Peranan guru fikih sangat dibutuhkan bagi anak didik untuk membina ibadahnya agar tercapai tujuan pendidikan islam yang erat kaitannya dengan tujuan hidup manusia yaitu menciptakan pribadi-pribadi hamba Allah yang selalu bertakwa kepada-Nya dan dapat mencapai kehidupan yang berbahagia di dunia dan di akherat. MI Salafiyah 01 Kalimas, memandang perlu adanya pembinaan anak didik yang behubungan dengan ibadah yaitu membiasakan anak didik membaca Do’a pada awal dan akhir proses belajar di dalam kelas, melaksanakan ibadah sholat bejamaah baik di sekolah maupun di rumah dan lain sebagainya. Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka penulis tertarik untuk menulis skripsi dengan judul “Peranan Guru Fikih Dalam Pembinaan Ibadah Sholat Pada Kelas V Di Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah 01 KalimasTujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas guru tentang pembinaan ibadah anak didik di MI Salafiyah 01 Desa Kalimas Kecamatan. Randudongkal Kabupaten. Pemalang. Selain itu penelitian ini diharapkan berguna bagi masyarakat pada umumnya dan menambah wawasan dan ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi para pembaca khususnya mahasiswa yang akan menjadi guru. Penelitian yang penulis lakukan adalah termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif. Dalam proses pengumpulan data penulis menggunakan metode interview, observasi, dokumentasi, dan angket. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan teknik deskriptif prosentase. yaitu berupa data-data yang tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati, sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Dari hasil penelitian penulis menemukan bahwa pembinaan ibadah anak didik melalui fikih oleh guru fikih dengan mengkaitkan pelajaran dengan ibadah. Guru fikih berperan penting dalam pembinaan ibadah anak didik di MI Salafiyah 01 Kalimas seperti dalam memberikan contoh suri tauladan serta memberikan latihan-latihan secara efektif dalam hal ibadah seperti ibadah Sholat dan lain sebagainya.

Published
2023-03-14