STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS III DI MI SALAFIYAH 03 KALIMAS RANDUDONGKAL PEMALANG

  • Amiroh Amiroh STIT Pemalang
Keywords: Strategi, Pembelajaran Aktif, Aqidah Akhlak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran aktif pada mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas III di MI Salafiyah 03 Kalimas Randudongkal Pemalang, dan faktor- faktor yang mempengaruhi strategi pembelajaran aktif pada mata   pelajaran Aqidah   Akhlak   kelas   III di  MI Salafiyah 03 Kalimas Randudongkal Pemalang. Subjek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Aqidah Akhlak dan peserta didik kelas III, Sedangkan objeknya adalah penerapan strategi pembelajaran aktif dan faktor-faktor yang mempengaruhi strategi pembelajaran aktif pada mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas III di MI Salafiyah 03 Kalimas Randudongkal Pemalang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan  dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis  deskriptif  kualitatif  dan   pengambilan  kesimpulan  dengan  metode induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran aktif pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MI Salafiyah 03 Kalimas Randudongkal Pemalang, sudah   terlaksana   sesuai   dengan   tahapan tahapan yang telah ditentukan. Hal ini dapat dilihat dari pelaksanaan pembelajaran yang sesuai dengan pelaksanaan langkah-langkah dari strategi    pembelajaran  aktif yang telah ditentukan guru. Dalam  perencanaan,  strategi  yang  telah  dilakukan  oleh guru agar tujuan pembelajaran tercapai yaitu menuntut keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran sedangkan guru sebagai motivator. Pada kegiatan pendahuluan meliputi pemberian motivasi dan apersepsi sebelum memulai kegiatan inti. Kegiatan inti yaitu penggunaan strategi pembelajaran aktif seperti strategi (Card Sort, Reading Aloud, True or False, Team Quiz dan Snowballing). Kegiatan akhir meliputi menyimpulkan bersama materi pelajaran yang disempurnakan dengan melakukan evaluasi lanjutan. Faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan pembelajaran Aqidah Akhlak menggunakan strategi pembelajaran aktif adalah faktor guru, faktor   peserta didik, dan faktor sarana prasarana yang berpengaruh terhadap pelaksanaan strategi pembelajarana aktif.

Published
2023-03-14