STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS III DI MI SALAFIYAH 03 KALIMAS RANDUDONGKAL PEMALANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran aktif pada mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas III di MI Salafiyah 03 Kalimas Randudongkal Pemalang, dan faktor- faktor yang mempengaruhi strategi pembelajaran aktif pada mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas III di MI Salafiyah 03 Kalimas Randudongkal Pemalang. Subjek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Aqidah Akhlak dan peserta didik kelas III, Sedangkan objeknya adalah penerapan strategi pembelajaran aktif dan faktor-faktor yang mempengaruhi strategi pembelajaran aktif pada mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas III di MI Salafiyah 03 Kalimas Randudongkal Pemalang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan pengambilan kesimpulan dengan metode induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran aktif pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MI Salafiyah 03 Kalimas Randudongkal Pemalang, sudah terlaksana sesuai dengan tahapan tahapan yang telah ditentukan. Hal ini dapat dilihat dari pelaksanaan pembelajaran yang sesuai dengan pelaksanaan langkah-langkah dari strategi pembelajaran aktif yang telah ditentukan guru. Dalam perencanaan, strategi yang telah dilakukan oleh guru agar tujuan pembelajaran tercapai yaitu menuntut keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran sedangkan guru sebagai motivator. Pada kegiatan pendahuluan meliputi pemberian motivasi dan apersepsi sebelum memulai kegiatan inti. Kegiatan inti yaitu penggunaan strategi pembelajaran aktif seperti strategi (Card Sort, Reading Aloud, True or False, Team Quiz dan Snowballing). Kegiatan akhir meliputi menyimpulkan bersama materi pelajaran yang disempurnakan dengan melakukan evaluasi lanjutan. Faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan pembelajaran Aqidah Akhlak menggunakan strategi pembelajaran aktif adalah faktor guru, faktor peserta didik, dan faktor sarana prasarana yang berpengaruh terhadap pelaksanaan strategi pembelajarana aktif.
Copyright (c) 2023 Amiroh Amiroh

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Ibtida diterbitkan di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License . Penulis mempertahankan hak cipta atas karya mereka. Pengguna dapat membaca, menyalin, dan mendistribusikan karya dalam media apa pun asalkan penulis dan jurnal dikreditkan dengan tepat. Di bawah ini Anda dapat menemukan teks lengkap lisensi yang ditandatangani oleh penulis.