PELAKSANAAN PARENTING DALAM PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QUR’AN SISWA KELAS IV MIN 8 JAKARTA SELATAN

(Studi Kasus di MIN 8 Jakarta Selatan)

  • Masulah MIN 8 Jakarta Selatan
Keywords: Parenting, Pembelajaran Tahfidzul Qur’an, Siswa Kelas IV MIN 8 Jakarta Selatan

Abstract

Penelitian ini memiliki latar belakang bahwa Kegiatan menghafal Al-Qur’an bagi sebagian orang selama ini dianggap sebagai sesuatu yang sulit dan rumit. Perasaan ini wajar mengingat jumlah seluruh ayat Al-Qur’an lebih dari enam ribu ayat yang ditulis di atas sekitar enam ratus halaman. Oleh karena itu diadakan penelitian tentang metode pembelajaran parenting pada pembelajaran Tahfidzul Qur’an  MIN 8 Jakarta Selatan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan parenting dalam pembelajaran tahfidz Al-qur’an siswa kelas IV di MIN 8 Jakarta Selatan dan bagaimana pembelajaran tahfidz Al-qur’an kelas IV di MIN 8 Jakarta Selatan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, dengan mengambil latar MIN 8 Jakarta Selatan. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, mendalam dan dokumentasi.  Analisis data dengan memberikan makna terhadap hasil yang dikumpulkan. Pemeriksaan keabsahan data dengan mengadakan kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukan bahwa: metode tahfidz  memberikan dampak yang baik kepada siswa terutama membantu para guru dalam membimbing hafalan para siswa.

Published
2023-03-14