PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN DARING PADA SISWA KELAS III MI MIFTAHUL ULUM KEJENE RANDUDONGKAL KABUPATEN PEMALANG
Abstract
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran daring pada siswa kelas III di MI Miftahul Ulum Desa Kejene Kecamatan Randudongkal Kabutaten Pemalang 2) Untuk mengetahui problematika atau permasalahan pembelajaran daring pada siswa kelas III MI Miftahul Ulum Desa Kejene Kecamatan Randudongkal Kabutaten Pemalang 3) Untuk mengetahui upaya atau solusi apa yang dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan pembelajaran Daring di MI Miftahul Ulum Desa Kejene Kecamatan Randudongkal Kabutaten Pemalang.
Peneliti ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini meliputi redukasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi metode.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) Pada Proses pembelajaran daring guru di MI Miftahul Ulum Desa Kejene Kecamatan Randudongkal Kabutaten Pemalang sudah berjalan dengan baik karena guru memberikan tugas dan materi dengan memanfaatkan media android dengan menggunakan grup kelas; (2) Pada proses pembelajaran daring guru mengalami masalah atau kendala pertama, masalah berkaitan dengan kompetensi guru, kedua, masalah perbedaan tingkat pemahaman peserta didik, ketiga, permasalahan orang tua yang tidak memiliki android, keempat kurangnya kerjasama orang tua dan siswa, kelima keterbatasan sarana dan prasarana; (3) Solusi yang yang untuk menyelesaikan permasalahan yang muncul pada saat pembelajaran daring di MI Miftahul Ulum Desa Kejene Kecamatan Randudongkal Kabutaten Pemalang adalah pertama, meningkatkan kompetensi guru menggunakan/mengoperasionalkan teknologi, kedua memberi bimbingan atau pendampingan anak secara kelompok atau individual, ketiga mengadakan penyuluhan kepada wali murid tentang pentingnya penggunaan android, keempat memberikan pengertian kepada orang tua tentang pentingnya kerjasama orang tua dan siswa, kelima memperbanyak buku paket.
Copyright (c) 2023 niken Rahmawati niken

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Ibtida diterbitkan di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License . Penulis mempertahankan hak cipta atas karya mereka. Pengguna dapat membaca, menyalin, dan mendistribusikan karya dalam media apa pun asalkan penulis dan jurnal dikreditkan dengan tepat. Di bawah ini Anda dapat menemukan teks lengkap lisensi yang ditandatangani oleh penulis.