PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN DARING PADA SISWA KELAS III MI MIFTAHUL ULUM KEJENE RANDUDONGKAL KABUPATEN PEMALANG

  • Niken Rahmawati STIT Pemalang
Keywords: Pembelajaran Daring, Problematika.

Abstract

Tujuan  yang hendak  dicapai  dalam  penelitian  ini  adalah  :  1)  Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran daring pada siswa kelas III di MI Miftahul Ulum Desa Kejene Kecamatan Randudongkal Kabutaten Pemalang 2) Untuk mengetahui problematika atau permasalahan pembelajaran  daring  pada siswa   kelas   III   MI Miftahul Ulum Desa Kejene Kecamatan Randudongkal Kabutaten Pemalang 3) Untuk  mengetahui  upaya atau  solusi  apa  yang  dilakukan  untuk  menyelesaikan  permasalahan pembelajaran Daring  di MI Miftahul Ulum Desa Kejene Kecamatan Randudongkal Kabutaten Pemalang.

Peneliti ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi.   Analisis  data  dalam  penelitian   ini   meliputi   redukasi  data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi metode.

Hasil  penelitian  ini  menyimpulkan  bahwa  (1)  Pada  Proses pembelajaran daring guru di MI Miftahul Ulum Desa Kejene Kecamatan Randudongkal Kabutaten Pemalang sudah berjalan dengan baik karena guru memberikan tugas dan materi dengan memanfaatkan media android dengan menggunakan grup kelas; (2)  Pada proses pembelajaran daring guru mengalami  masalah  atau  kendala  pertama,  masalah  berkaitan dengan    kompetensi    guru,  kedua,  masalah  perbedaan  tingkat  pemahaman peserta  didik,  ketiga,  permasalahan orang tua yang tidak  memiliki  android, keempat kurangnya kerjasama orang tua dan siswa, kelima keterbatasan sarana dan prasarana; (3) Solusi yang yang untuk menyelesaikan permasalahan yang muncul pada saat pembelajaran daring di MI Miftahul Ulum Desa Kejene Kecamatan Randudongkal Kabutaten Pemalang adalah  pertama,  meningkatkan kompetensi guru menggunakan/mengoperasionalkan teknologi, kedua memberi bimbingan atau pendampingan anak secara kelompok atau individual, ketiga mengadakan  penyuluhan  kepada  wali  murid tentang pentingnya  penggunaan android, keempat memberikan pengertian kepada orang tua tentang pentingnya kerjasama orang tua dan siswa, kelima memperbanyak buku paket.

Published
2023-03-14