PENERAPAN NILAI-NILAI PANCASILA DI MI

Problematika Perbedaan Kurikulum Pendidikan Di MI Tarbiyatul Islamiyyah Pati

  • Ristania Ristania putri herawati IAIN KUDUS
Keywords: Implementasi, Nilai Pancasila, Madrasah Ibtidaiyah

Abstract

Penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan ini penting untuk menciptakan masyarakat yang saling menghormati, menjaga martabat, dan memberlakukan sikap adil terhadap sesama. Penerapan nilai-nilai Pancasila dapat diterapkan pada anak-anak karena dinilai sangat penting adanya penerapan sejak dini, sebagai contoh studi kasus yang dilakukan peneliti di MI Tarbiyatul Islamiyyah Desa Srikaton, Kec. Kayen, Kab. Pati. Penelitian ini bertujuan untuk menggali dan mengkaji implementasi nilai-nilai Pancasila di MI dengan memfokuskan lokasi di MI Tarbiyatul Islamiyyah Desa Srikaton Kec. Kayen, Kab. Pati. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskripstif untuk mendeskripsikan dan menjawab persoalan-persoalan berkaitan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data dan informasi dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Temuan penelitian ini adalah (1) terjadi perbedaan kurikulum; kelas 1&4 dengan kurikulum merdeka, sedangkan kelas 2, 3, 5, 6 dengan kurtilas/kurikulum tiga belas, (2) siswa paham bila dilakukan beberapa metode pembelajaran salah satunya pendekatan belajar dengan permainan, lagu dan hal menarik lainnya, (4) guru MI TARIS sudah memberikan materi Pancasila dan tentunya penyampaian tentang penerapan nilai-nilai Pancasila sesuai dengan kurikulum, (5) solusi dari beberapa masalah tersebut dapat dengan dukungan penuh dari pihak guru dengan memberikan wawasan yang menarik terhadap siswa.

 

Published
2024-02-29