Penanaman Nilai Pancasila Untuk Peserta Didik MI Ta'limul Athfal
Abstract
Pendidikan merupakan hal yang harus dapat diterima oleh warga negara Indonesia. Pada saat ini Indonesia harus sejak awal menanamkan nilai Pancasila pada peserta didik agar mereka paham mengenai dasar kesatuan Republik Indonesia. Pancasila adalah ideologi negara Indonesia yang dimana Pancasila adalah patokan atau pedoman hidup bagi bangsa Indonesia. Dalam penelitian ini membahas tentang Penanaman nilai Pancasila untuk peserta didik pada tingkat Madrasah Ibtidaiyah yang ada di Mi ta'limul athfal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Pada teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dibuat bertujuan Untuk memberikan gambaran secara umum tentang Penanaman nilai Pancasila untuk peserta didik pada tingkat Madrasah Ibtidaiyah yang ada di Mi ta'limul athfal sehingga dapat dijadikan sebagai bahan referensi bagi pembaca khususnya guru dan pihak yang berada dalam dunia pendidikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Madrasah Ibtidaiyah ta'limul athfal dalam mengimplementasikan penerapan nilai-nilai Pancasila melalui pengajaran dan penanaman sila sila Pancasila dalam kegiatan di sekolah baik didalam maupun diluar.
Copyright (c) 2024 Della Della Mumtahanah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Ibtida diterbitkan di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License . Penulis mempertahankan hak cipta atas karya mereka. Pengguna dapat membaca, menyalin, dan mendistribusikan karya dalam media apa pun asalkan penulis dan jurnal dikreditkan dengan tepat. Di bawah ini Anda dapat menemukan teks lengkap lisensi yang ditandatangani oleh penulis.