MENINGKATKAN AFEKTIF ANAK PADA MATERI PAI DENGAN MENGGUNAKAN TIPE-TIPE BELAJAR ROBERT M. GAGNE

Apriyani Lestari Kudadiri

Sari


Penelitian ini menganalisis kesulitan guru dalam membelajarkan pelajaran pendidikan agama Islam kepada anak usia dini. Ada dua sekolah yang menjadi fokus peneliti: TK Mashitoh Kentagen dan RA Hidayatul Qur’an. Peneliti mencoba menganalisis kesulitan-kesulitan yang dialami guru dalam meningkatkan kemampuan afektif anak dalam materi pendidikan agama Islam, beserta upaya dalam mengatasinya. Adapun yang menjadi metode yang digunakan dalam pengumpulan data ini adalah dengan metode observasi, wawancara,­­­­­ dan dokumentasi. Hasil penelitian ini memberi kontribusi berupa strategi dalam meningkatkan ranah afektif anak yang dapat menjawab persoalan KI-1, dan KI-2. Strategi ini beranjak dari delapan tipe belajar yang dikemukakan Robert M. Gagne. Kedelapan tipe tersebut adalah signal learning (belajar isyarat), stimulus-response learning (belajar stimulus respon), chaining (rantai atau rangkaian), verbal association (asosiasi verbal), discrimination learning (belajar membedakan), concept learning (belajar konsep), rule learning (belajar aturan) dan problem solving (pemecahan masalah).


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Chatib Munif. (2012). Orangtuanya Manusia. Melejitkan Potensi dan Kecerdasan dengan Menghargai Fitrah setap Anak. Bandung: Kaifa.

Dahar, Ratna Wilis. (1990). Teori-Teori Belajar. Bandung: IKIP Bandung.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2000). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fadlillah, Muhammad. (2014). Desain Pembelajaran PAUD. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hasan, Maimunah. (2010). Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Diva Press.

Hurlock, Elizabeth B. (1989). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

J., Lexy Moeleong. (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyaarja. (2015). Meningkatkan Keaktifan Aspek Afektif Siswa dalam Pembelajaran Gerak Dasar Lompat Tinggi Siswa kelaa IV SD dengan Metode Permainan, dalam skripsi, Universitas Yogyakarta

Patmonodewo, Soemiarti. (2003). Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Poerwanto, M. Ngalim. (1994). Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sofia hartati. (2007). How to Be a Good Teacher and To Be a Good Mother. Jakarta: Enno Media.

Syaodih, Nana Sukmadinata. (2007). Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wahyudin, Uyu dan Mubiar Agustin. (2012). Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini, Panduan untuk Guru, Tutor, Fasilitator, dan Pengelola Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung: Refika Aditama.

Yofita, Aprianti Rahayu. (2013). Anak Usia TK: Menumbuhkan Kepercayaan Diri Melalui Kegiatan Bercerita. Jakarta: Indeks.

Yusuf, Syamsu dan Nani M. Sugandhi. (2011). Perkembangan Anak didik. Jakarta: Rajawali Press.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats