PENGARUH MOTIVASI DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI “HABIT FORMING” SISWA (Study Kasus Sekolah Full Day School)

nur sid dik

Sari


Abstraksi

 

”Pengaruh Motivasi, Perhathian Orang Tua Terhadap Prestasi Habit Forming Siswa di sekolah Full dau School. Setiap kegiatan belajar akan berujung dengan harapan pencapaian prestasi yang baik. Prestasi merupakan indikator keberhasilan baik bagi seorang guru maupun bagi siswa itu sendiri. Prestasi dalam penelitian ini yaitu prestasi habit forming siswa, tidak ada sorangpun siswa yang menginginkan prestasi belajarnya buruk. Namun untuk memperoleh semua itu tidak mudah karena banyaknya faktor yang mempengaruhi prestasi tersebut, sehingga prestasi habit forming yang diperoleh setiap siswa berbeda-beda. Banyak sekali faktor yang dapat mempengaruhi prestasi habit forming siswa tersebut diantaranya faktor motivasi, faktor Perhatian orang tua. Permasalahan yang ingin diteliti dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh motivasi, perhatian orang tua terhadap prestasi habit forming siswa baik secara parsial maupun simultan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi, perhatian orang tua terhadap prestasi habit forming siswa baik secara parsial maupun simultan.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di sekolah full Day School SDIT Salsabila Purworejo Jawa Tengah. Variabel dalam penelitian ini meliputi dua variabel bebas, satu variabel variabel terikat. Yang menjadi variabel bebas dalam penelitian ini adalah variabel motivasi (X1),variabel perhatian orang tua (X2), serta yang menjadi variabel terikatnya adalah variabel prestasi habit forming siswa (Y). Untuk metode pengumpulan datanya digunakan metode kuesioner atau angket dan metode dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis regresi ganda, parsial dan uji t.

Berdasarkan hasil analisis regresi ganda dengan variabel terikat diperoleh persamaan regresi Y = 8,263 + 0,137 X1 + 0, 398 X2. Selanjutnya untuk menguji tingkat signifikansi digunakan uji F, dipeoleh F hitung sebesar 10,290 sedangkan F tabel sebesar 2,75 atau F hitung > F tabel yang berarti Ha diterima. Artinya Ada pengaruh motivasi, perhatian orang tua terhadap prestasi habit forming siswa SDIT Salsabila Purworejo tahun pelajaran 2018/2019 secara simultan. Kemudian hasil perhitungan analisis secara parsial menunjukkan bahwa nilai t hitung untuk variabel motivasi (X1) sebesar 0,704, untuk variabel perhatian orang tua (X2) sebesar 3,030. Sedangkan t tabel  untuk variabel tersebut dengan N=61 dengan tingkat signifikansi  5% = 0,254. Dengan demikian, nilai masing-masing variabel dependen (X1 dan X2) lebih tinggi bila dibandingkan dengan nilai t tabel. Hal ini berarti bahwa masing-masing variabel independen tersebut yaitu variabel motivasi (X1) dan variabel perhatian orang tua (X2) secara parsial berpengaruh terhadap prestasi habit forming siswa SDIT Salsabila Purworejo Jawa Tengah tahun pelajaran 2018/2019.  

Dalam analisis regresi linier berganda ini diperoleh R2 sebesar 0,512 atau 51,2% yang berarti bahwa prosentase pengaruh motivasi, perhatian orang tua terhadap prestasi habit forming siswa sebesar 51,2%. Sedangkan sisanya sebesar 48,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diungkap dalam penelitian ini.

Kesimpulan dalam penelitian ini adalah ada pengaruh yang positif antara motivasi dan perhatian orang tua terhadap prestasi habit forming siswa SDIT Salsabila Purworejo Jawa Tengah. Berdasarkan simpulan dan hasil penelitian maka peneliti menyarankan agar ada penelitian lebih lanjut terhadap faktor lain seperti faktor metode pembelajaran serta sarana dan prasarana yang dapat mendukung prestasi belajar siswa.

 

 

Kata Kunci : Motivasi, Habbit Forming, Full Day School, perhatian orang tua

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Ace Suryadi, H.A.R. Tilaar, Analisis Kebijakan Pendidikan Suatu Pendidikan, Bandung: Remaja Rosda Karya, 1993 .

Anas Sudijono, Teknik Evaluasi Pendidikan, Yogyakarta: UD. Rama, 1989

Burhanuddin, Organisasi, Tugas dan Fungsi Aparat Pendidikan, Surabaya: IKIP Malang, 1989

Badri Yatim, Sejarah Perkembangan Sekolah, Jakarta: Departemen Agama RI, 1999

Depdikbud, Kamus Besar Bahasa Indonesia,Jakarta: Balai Pustaka, 1988

Djiwandono, S.E.W. (2005). Konseling dan Terapi Dengan Anak dan Orangtua. Jakarta: Grasindo.

Dimyati Mahmud, Psikologi Pendidikan , Jakarta: Departemen P dan K Dirjen Perguruan tinggi, 1989

Em Zul Fajri dan Ratu Aprillia Senja, kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Jakarta: Diva Publiser, 2002

Fraenkel, J.R., Wallen, N.E. (1993). How To Design And Evaluate Research In Education. Singapore : McGraw Hill Book Co.

Gary Dessler, Manajemen Sumber daya Manusia, "terj". Benyamin Molan, Jakarta: Prenhalindo,1997

Hendriyat Soetopo, Wasty Soemanto, Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan, Jakarta: Bina, Aksara, 1982.

Hamzah B. Uno, Teori Motivasi dan pengukurannya analisis di Bidang Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2007

Kartini Katono, Tinjauan Halistik Mengenai Tujuan Pendidikan Nasional, Jakarta: Pradnya Paramita, 1997.

Muhibbin Syah, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan baru, Bandung: Reamaja Rosdakarya, 1995.

M. daryonlo, psikologi Pendidikan, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 1997

Masud Hasan Abdul Qohar dkk, Kamus Istikah pengetahuan Populer, Jawa Timur: Bintang Pelajar: tt

Nana Syaodih S, Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Bandung: Rosdakarya, 2003.

Ngalim Purwanto, Psikologi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 1984

Nana Sudjana Dr, dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, cet.III, Bandung: Sinar Baru, 1991

Ngalim Purwanto, Administrasi dan supervise Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 1992

Oemar Hamalik, Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara, 2005

Sukardi, Penelitian Kualitatif-Naturalistik dalam Pendidikan, Yogyakarta: Usaha Keluarga, 2006.

Sukmadinata, Nana Sy. (2007). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Sugiyono, Statistika untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta, 2007

Sobur, A. (2003). Psikologi Umum dalam Lintasan Sejarah. Bandung: Pustaka Setia.

Slameto, Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya, Jakarta: PT. Bina Aksara, 1988

Surayin, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Bandung: Yrama Widya, 2001

W.H. Burton, H.C.Witherington, Teknik-Teknik Belajar dan Mengajar, Bandung: Jammars, 1986.

Wirawan, Sarlito, Pengantar umum Psikologi, jakarta: Bulan Bintang, 1976

Winkel W.S., Psikologi Pengajaran, Jakarta: Grasindo PT. Gramedia Widiasarana Indonesia, 1996 .

Zakiyah Darajar, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 1992


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats