Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Multiple Intelligence
Abstract
Gardner menjelaskan bahwa kecerdasan adalah beberapa kemampuan yang dimiliki seseorang, yang tidak akan sama dengan kemampuan yang dimiliki orang lain, karena mereka memiliki banyak tipe, Gardner menyebutnya kecerdasan ganda. Pengembangan strategi pembelajaran dimaksudkan untuk memberikan paradigma alternatif dalam rangka mempersiapkan guru PAUD / TK / RA yang memiliki keterampilan khusus dalam pendidikan anak usia dini. Oleh karena itu, penelitian lebih lanjut tentang efektivitas strategi pembelajaran anak usia dini berdasarkan kecerdasan majemuk dikembangkan untuk meningkatkan kompetensi guru RA. Metode penelitian menggunakan eksperimen, yang melibatkan 116 guru RA di Kabupaten Pemalang. Analisis data menggunakan analisis statistik Paired Sample T-Test, yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas strategi pembelajaran berbasis AUD berdasarkan kecerdasan majemuk dalam meningkatkan kompetensi guru PAUD / TK / RA. Hasil penelitian menunjukkan signifikansi paired sample t-test 0,000 (<0,05) dengan nilai t 9,555. Dengan demikian, hasil analisis menunjukkan bahwa secara statistik, efektivitas strategi pembelajaran anak usia dini berdasarkan kecerdasan mulitple dalam meningkatkan kompetensi guru RA diuji.
Madaniyah is published under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Authors retain the copyright to their work. Users may read, copy and distribute the work in any medium provided the authors and the journal are appropriately credited. Below you may find the full text of the license signed by the authors.