Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Multiple Intelligence

  • Yuliana Habibi Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Pemalang
  • Srifariyati Srifariyati Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Pemalang
  • Hafiedh Hasan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Pemalang
  • Muhamad Rifa'i Subhi Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Pemalang https://orcid.org/0000-0001-6009-959X

Abstract

Gardner menjelaskan bahwa kecerdasan adalah beberapa kemampuan yang dimiliki seseorang, yang tidak akan sama dengan kemampuan yang dimiliki orang lain, karena mereka memiliki banyak tipe, Gardner menyebutnya kecerdasan ganda. Pengembangan strategi pembelajaran dimaksudkan untuk memberikan paradigma alternatif dalam rangka mempersiapkan guru PAUD / TK / RA yang memiliki keterampilan khusus dalam pendidikan anak usia dini. Oleh karena itu, penelitian lebih lanjut tentang efektivitas strategi pembelajaran anak usia dini berdasarkan kecerdasan majemuk dikembangkan untuk meningkatkan kompetensi guru RA. Metode penelitian menggunakan eksperimen, yang melibatkan 116 guru RA di Kabupaten Pemalang. Analisis data menggunakan analisis statistik Paired Sample T-Test, yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas strategi pembelajaran berbasis AUD berdasarkan kecerdasan majemuk dalam meningkatkan kompetensi guru PAUD / TK / RA. Hasil penelitian menunjukkan signifikansi paired sample t-test 0,000 (<0,05) dengan nilai t 9,555. Dengan demikian, hasil analisis menunjukkan bahwa secara statistik, efektivitas strategi pembelajaran anak usia dini berdasarkan kecerdasan mulitple dalam meningkatkan kompetensi guru RA diuji.

Published
2017-08-31