Madaniyah

Pedoman Penulisan

PEDOMAN PENULISAN ARTIKEL JURNAL MADANIYAH

SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH (STIT) PEMALANG

 

Naskah artikel yang diterima redaksi  adalah artikel yang memenuhi beberapa unsur berikut ini.

  1. Artikel merupakan karya ilmiah orisinil dan belum diterbitkan pada media mana pun.
  2. Artikel hasil penelitian atau berupa hasil pemikiran yang setara dengan hasil penelitian.
  3. Lebih mengutamakan artikel berwawasan dalam lingkup yang lebih luas sesuai derajat tingkatannya, baik internasional, regional, nasional dan lokal.
  4. Artikel yang ditulis bertemakan “Pendidikan/Sosial/Keagamaan”.
  5. Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris dengan jumlah minimal 10 dan maksimal 20 halaman. Jarak 1,3 spasi dan dicetak pada kertas jenis B5, dengan font Times New Roman 12, sesuai dengan Template yang sudah ditentukan.

 

Sistematika penulisan artikel adalah sebagai berikut.

  1. Judul
  2. Nama penulis
  3. Identitas penulis
  4. Abstrak Indonesia dan kata kunci
  5. Bagian pendahuluan (Jika Artikel hasil penelitian, pendahuluan memuat: tinjauan pustaka, konsep penelitian, kerangka teoritis, metodologi penelitian, dan lokasi penelitian).
  6. Bagian inti (Pembahasan)
  7. Bagian penutup (Simpulan)
  8. Daftar pustaka

 

Dalam hal penulisan sumber rujukan (kutipan) bertipe Footnote, dengan teknik turabian stily. Dengan format didalamnya mengandung informasi tentang nama penulis, tahun terbit, judul, (Kota Terbit: Penerbit), dan nomor halaman. Contoh: Syaiful Bahri Djamarah. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif: Suatu Pendekatan Teoritis dan Psikologis, (Jakarta: Rineka Cipta, 2005), hlm. 182. Untuk penulisan Daftar Pustaka menggunnakan format APA, sesuai dengan Template

 

  1. Naskah print out sebanyak 1 eksemplar dan disertai soft copy file menggunakan program MS Word.
  2. Setiap naskah artikel akan dinilai terlebih dahulu oleh penyunting ahli, dan apabila ada hal-hal yang dirasa kurang maka naskah akan dikembalikan kepada penulis untuk diperbaiki.
  3. Jika naskah artikel layak dimuat maka redaksi akan menghubungi penulis.
  4. Tidak ada pemberitahuan untuk Artikel yang tidak dimuat dan naskah  tidak dikembalian, kecuali atas permintaan penulis dan disertai biaya kirim.
  5. Penulis artikel berhak mendapat 2 eksemplar Jurnal Madaniyah.
  6. Naskah dikirim secara langsung melalui Portal Online Jurnal Ilmiah Madaniyah STIT Pemalang (submitting online), dengan melakukan Registrasi/Daftar terlebih dahulu sebagai "Penulis" pada portal tersebut.