Efektifitas Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Empiris Terhadap Mahasiswa di STKIP Syekh Manshur)

  • Usep Saepul Mustakim STKIP Syekh Manshur
  • Ratna Dewi STKIP Syekh Manshur
  • Ajeng Mulyasari STKIP Syekh Manshur
  • Ade Juanto STKIP Syekh Manshur
  • Linda STKIP Syekh Manshur
  • Asep Saefullah Kamali STKIP Syekh Manshur
Keywords: Efektifitas Pembelajaran, Hasil Belajar.

Abstract

Pembelajaran tatap muka terbatas dimasa pandemi covid-19 ini tentu mendapatakan tantangan tersendiri karena dengan keterbatasan untuk saling menjaga protokoler kesehatan baik dosen maupun mahasiswa. Pembelajaran tatap muka terbatas dimasa pandemi ini diharapkan terlaksana dengan efektif dengan hasil belajar yang maksimal. Tujuan penelitian ini bermaksud untuk mengetahui seberapa besar tingkat efektivitas pembelajaran tatap muka terbatas dimasa pandemi covid-19 terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah pengantar ilmu pendidikan dengan harapan interpretasi nilai yang tinggi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan kuantitatif dimana data diperoleh dengan uji statistik yang dibantu dengan aplikasi SPSS for windows. Data diakumulasi dan dianalisis dengan analisis regresi sehingga setelah dilakukan perhitungan statistik diperoleh nilai sebesar 61,70% yang mana nilai sebesar itu bisa diinterpretasikan cukup baik atau bisa dikatakan pembelajaran cukup efektif dimasa pandemi Covid-19.

References

Dimyati dan Mudjiono, 2009, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, Omar, 2009, Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara.
https://id.wikipedia.org/wiki/Pandemi_Covid-19, diakses pada tanggal 6 September 2021.
https://www.lldikti4.or.id,
Kamus Besar Bahasa Inggris (Online). Tersedia di http//www.kbbi.kemdikbud.go.id, diakses 15 Juli 2020
Kemenkes RI Nomor HK.01.07/MENKES/413/2020 tentang Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).
Sugiyono, 2011, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D, Bandung: Alfabeta.
Surat Edaran Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi nomor 4 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Pembelajaran Tatap Muka Tahun Akademik 2021/2022
Syah, Muhibbin, 2003, Psikologi Belajar, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas Pasal 1 Ayat 20.
Published
2021-11-15