IMPLEMENTASI PERAN ORANG TUA TERHADAP KEMAMPUAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MI MANSYAUL HUDA DESA SENDANGREJO KECAMATAN TAYU KABUPATEN PATI
A. Pendahuluan, B. Hasil Penelitian dan Pembahasan, C. Kesimpulan
Abstrak
Pada tahun 2020 diseluruh dunia telah terjadi wabah virus yaitu Corona Virus Disease (Covid-19). Kegiatan belajar mengajar di sekolah menjadi terganggu, pembelajaran yang awalnya dilakukan secara tatap muka untuk sementara tidak bisa dilakukan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka selama pandemi Covid-19 berlangsung setiap sekolah melaksanakan kegiatan pendidikan dengan pembelajaran jarak jauh. Dalam hal ini tingkat kerjasama orang tua terhadap program daring sangat penting. Karena selama daring berlangsung, anak menghabiskan banyak waktu di rumah. Pada dasarnya pendidikan manusia dimulai dari keluarga, keluarga adalah tempat pertama dan utama bagi pembentukan dan pendidikan anak.
Penenelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan sumber data primer adalah siswa kelas 1 sd kelas 3, orang tua dan guru MI Mansyaul Huda Desa Sendangrejo Kecamatan Tayu Kabupaten Pati. Teknik pengambilan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan january sd September tahun 2021.
Hasil penelitian ini adalah 1) Proses pelaksanaan pembelajaran di MI Mansyaul Huda Desa Sendangrejo Kecamatan Tayu Kabupaten Pati dilaksanakan secara kombinasi antara daring dan tatap muka sesuai kondisi wilayah. Pada saat proses pembelajaran daring, media yang digunakan adalah Whatsapp dengan dipandu oleh guru mapel dari rumah. Namun, pembelajaran daring belum efektif karena masih terdapat beberapa hambatan yang dihadapi dalam proses pembelajaran selama pandemi Covid-19 yang mengakibatkan kurangnya efektivitas proses pembelajaran siswa. 2) Upaya yang ditempuh oleh orang tua dalam kemandirian belajar siswa di MI Mansyaul Huda Desa Sendangrejo Kecamatan Tayu Kabupaten Pati yaitu dengan memberi motivasi dan pujian kepada anak, memberi contoh tauladan yang baik, mendampingi anak ketika belajar, berusaha menjadi teman bagi anak, serta pembinaan dengan metode nasehat serta mendidik melalui pembiasaan dan latihan. 3) Kendala yang dihadapi orang tua dalam membentuk kemandirian siswa MI Mansyaul Huda Desa Sendangrejo Kecamatan Tayu Kabupaten Pati yaitu pengaruh lingkungan dan pengaruh media masa, asal pendidikan orang tua, anak yang malas, dan faktor orang tua yang terlalu memanjakan anak.
Referensi
Anggito, Albi. Johan Setiawan, 2018, Metodologi Penelitian Kualitatif, Sukabumi: CV Jejak.
Anisa, Rosiana. 2013, Bentuk-bentuk Dukungan Sosial dalam Resiliensi Penyitas Lahar Dingin Merapi, Magelang: Universitas Negeri Yogyakarta.
Asmanita,Mili, 2019, Peran Orang Tua dalam Membentuk Kemandirian Anak Usia Dini di Desa Tanjung Berugo Kecamatan Lembah Masurai Kabupaten Merangin, Jambi: Sulthan Thaha Saifudin.
Astrida, Peran dan Fungsi Orang Tua dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Anak, Banyuasin
Bima, 2020, Peranan Satuan Polisi Pamong Praja Dalam Penertiban Reklame di Kabupaten Deli Serang, Medan: Universitas Medan Area.
Buana, 2020, Analisis Perilaku Masyarakat Indonesia dalam Menghadapi Pandemi Virus Corona (Covid-19) dan Kiat Menjaga Kesejahteraan Jiwa, Salam: Jurnal Sosial dan Budaya Syar’i.
Darajat,Zakiah. Dkk ,2011, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta : Bumi Aksara.
Departemen Agama RI, 2000, Al-Qur’an dan Terjemahan, Semarang: CV. Asy Syifa’.
Endraswara, Suwardi, 2006, Metode, Teori, Teknik, Penelitian Kebudayaan: Ideologi, Epistemologi, dan Aplikasi, Yogyakarta: Pustaka Widyatama.
Fadhillah, Muhammad,dkk, 2013, Bina Karakter Anak Usia Dini, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Fadholi, Muhammad, 2011, Tingkat Kemandirian Anak Usia Prasekolah Ditinjau dari Pola Asuh Demokratis, Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Hasan, Abdillah F, 2011, Berguru Kepada Sang Nabi Saw, Semarang: Dahara Prize.
Jannah, Desi Sofiatul, 2015, Profil Pola Belajar Matematika Siswa Peraih Medalu Pada Olimpiade Matematika Tingkat Internasional di MTS Negeri Tunggangri, Tulungagung: IAIN TULUNGAGUNG.
Kamus Besar Bahasa Indonesia Daring
Lilawati, Agustin, 2021, Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi, Gresik: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
Mamik, 2015, Metodologi Kualitatif, Sidoarjo: Zitama Publisher.
Marfungah, Dewi. Peran Orang Tua Dalam Membentuk Kemandirian Anak Usia Dini, Semarang: 2019. http://conference.upgris.ac.id. Diakses Pada Tanggal 26 Agustus 2021 Pukul 10:30 WIB
Munirah, 2016, “Petunjuk Al-Qur’an Tentang Belajar dan Pembelajaran” dalam Lentera Pendidikan,Vol.19 No.1 Juni, Makassar: UIN Makassar
Novrinda. dkk, 2017, “Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini Ditinjau Dari Latar Belakang Pendidikan” dalam Jurnal Potensia, PG-PAUD FKIP UNIB, Bengkulu: Vol.2 No.1
Nurfajriani, Rahmi, Update virus Corona di Dunia 13 September 2020, Kasus Positif Covid-19 Dekati Angka 29 Juta Orang, https://www.pikiran-rakyat.com/internasional/pr-01738545/update-virus-corona-di-dunia-13-september-2020, Dikutip pada tanggal 19 Februari 2021
Philein, Magesti Zaki Sopheia, 2013, Hubungan Pola Asuh Orang tua dan Konsep Diri dengan Kemandirian Belajar Siswa di SMK Wikarya Karanganyar, Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Pohan, Albert Efendi, 2020, Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiyah, Purwodadi: CV. Sarnu Untung.
Rohman, Beni Abdul, 2015, Hubungan Antara Perhatian Orang Tua dengan Kemandirian Belajar Siswa, Salatiga: IAIN Salatiga.
Ruscasari, Agnes Maradita, 2012, Pengaruh Pendampingan Orang Tua Terhadap Kemandirian Belajar Anak di Sekolah Pada Siswa kelas 1 SD Gugus Mahesa Jenar Kecamatan Ambarawa Kabupaten Semarang.
SE Kemendikbud Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran COVID-19
Situmorang, Syafizal Helmi, 2010, Analisis Data (Untuk riset manajemen dan Bisnis), Medan : USU Press.
Srifariyati, 2016, Pendidikan Keluarga dalam Al-qur’an (Kajian Tafsir Tematik), Jurnal Madaniyah, Vol. 2 Edisi XI Agustus 2016.
Sunarty, Kustiah, 2015, Model Pola Asuh Orang Tua Untuk Meningkatkan Kemandirian Anak Tahun 2015, Makasar.
Susanto, Ahmad, 2012, Perkembangan Anak Usia Dini (Pengantar dalam Berbagai Aspeknya), Jakarta: Kencana.
Tarmidi, dan Rambe, 2010, Korelasi Antara Dukungan Sosial Orang Tua dan Self Directed Learning pada Siswa SMA,Jurnal Psikologi Vol.37. No.1 Undang- undang Nomor 14 Tahun 2005, Tentang Guru dan Dosen, Jakarta : Depdiknas.
Tim Legality, 2017, Undang-undang Perlindungan Anak, Yogyakarta: Legality.
Tim Penyusun, 2020, Pedoman Penulisan Skripsi, Pemalang: STIT Pemalang.
Ulfa Nauli Zakiah, 2020, Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Anak Usia Dini di RA Sunan Giri Lembah Dolopo Madiun, Ponorogo: IAIN Ponorogo.
Umrati dan Hengki Wijaya, 2020, Analisis Data Kualitatif Teori Konsep Dalam Penelitian Pendidikan, Makassar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.
Veronika Nainggolan, 2020, Peran Bimbingan Orang Tua dalam Kemandirian Belajar Anak di Sekolah Dasar, Jurnal Pendidikan Dasar.
Wardani, Eva Kusuma, 2016, Pengaruh disiplin dan Kemandirian Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Atas SD Muhammadiyah 3 Nusukan Tahun 2015/2016, Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Widodo, Teguh, 2012, Peningkatan Kemandirian Belajar PKn Melalui Model Problem Solving Menggunakan Metode Diskusi, Yogyakarta.
Yulianti, Tri Rosana, 2014, “Peranan Orang Tua Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini” dalam Jurnal Empowerment, Volume 4, nomor 1 februari 2014
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Al-Miskawaih is published under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Authors retain the copyright to their work. Users may read, copy and distribute the work in any medium provided the authors and the journal are appropriately credited. Below you may find the full text of the license signed by the authors.





