PENGARUH KESENJANGAN SOSIAL TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI MI DARUSSALAM SIDOARJO
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh kesenjangan sosial terhadap minat belajar siswa di MI Darussalam Sidoarjo. Kesenjangan sosial dapat menciptakan ketidaksetaraan dalam akses dan peluang belajar antara individu, yang pada gilirannya dapat mempengaruhi minat belajar siswa. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Sampel penelitian ini terdiri dari 15 siswa yang dipilih secara acak dari MI Darussalam Sidoarjo. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kesenjangan sosial dan minat belajar siswa. Siswa yang mengalami kesenjangan sosial cenderung memiliki minat belajar yang rendah, sedangkan siswa yang tidak mengalami kesenjangan sosial cenderung memiliki minat belajar yang tinggi. Penemuan ini memiliki implikasi penting dalam pengembangan strategi pembelajaran yang dapat membantu mengurangi kesenjangan sosial dan meningkatkan minat belajar siswa di MI Darussalam Sidoarjo.
Referensi
Darmadi. (2017). Pengembangan Model Metode Pembalajaran dalam dinamika belajar siswa,. Yogyakarta: Deepublish.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (1990). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
J.I.G.M Drost S.J. (1998). Sekolah Mengajar atau Mendidik. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.
Kaharuddin. (2021). “ Kualitatif: Ciri dan Karakter Sebagai Metodologi,” Equilibrium: Jurnal Pendidikan. 9(1).
Ni’matush Sholikhah, Bambang Suratman, Yoyok Soesatyo dan Ady Soejoto. (2014). “analisis faktor yang mempengaruhi ketimpangan Pendidikan” Jurnal Ilmu Pendidikan. 2(2).
Slamento. (1991). Belajar dan faktor – faktor yang mempengaruhinya. Jakarta:Rineka Cipta.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya 2. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Suprijanto, (2007). Pendidikan Orang Dewasa. Jakarta: Bumi Aksara.
Yudrik Jahja. (2011). Psikologi Perkembangan. Jakarta : Abadi Sejahtera
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Al-Miskawaih is published under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Authors retain the copyright to their work. Users may read, copy and distribute the work in any medium provided the authors and the journal are appropriately credited. Below you may find the full text of the license signed by the authors.





