PENDEKATAN DAN ANALISIS KRITIS TARIKAN BUDAYA PRAGMATISME PENDIDIKAN ISLAM PADA DUNIA MODERN

  • milatul fatkhiyah mila UIN GUSDUR PEKALONGAN

Abstrak

rtikel ini di latar belakangi oleh kenyataan bahwa inovasi pendidikan di Indonesia masih rendah, hal ini tercermin dari daya saing SDM Indonesia yang masih lemah jika jika dibandingkan dengan negara-negara Asia Tenggara. Hadirnya teori pragmatisme diharapkan mampu menjadi alternatif teoritis pendekatan inovasi pendidikan Islam. Artikel ini berupaya memformulasikan desain dan proses inovasi Pendidikan Islam berdasarkan penelitian dan studi pustaka yang bersifat kualitatif. Artikel ini merupakan telaah filosofis sebagai upaya mengkonstruksi proses inovasi Pendidikan Islam dalam perspektif filsafat Islam dan pragmatisme, Juga memberian solusi dari adanya budaya pragmatisme pendidikan di kalangan akademisi, yang mana dari semua aspek pendidikan terdapat unsur pragmatisme, baik dari pendidik, peserta didik, kurikulum, menegement, bahkan sarana dan prasarana, menyimpulkan bahwa proses inovasi adalah keniscayaan. Dalam perspektif Islam aqidah sohihah menjadi kunci dan langkah awal dalam menemukan kemurnian inovasi pendidikan Islam. Sedangkan pragmatisme menawarkan proses inovasi pendidikan Islam berdasarkan langkah -langkah sistematis yang dimulai dari kritik reflektif, diagnosis, inventarisasai, perenungan, pengujian hipotesis, analisis publik, dan terakhir implementasi.kemudian dalam pragmatisasi pendidikan diperlukan pengembangan terhadap yang teoritis memberikan bekal yang bersifat etik dan normatif, sedangkan yang praktis dapat mempersiapkan tenaga profesional sesuai kebutuhan masyarakat. Proporsionalisasi yaang teoritis dan praktis itu penting, agar pdndidikan tidak melahirkan materialisme terselubung ketika terlalu menekankan yang praktis.

Keyword : Pendekatan, Budaya Pragmatisme, Pendidikan Islam

Referensi

Pangestuani, Yuni, 2022. PRAGMATISME JOHN DEWEY DAN KORELASINYA TERHADAP AJARAN ISLAM, Spiritualis: Jurnal Pemikiran Islam dan Tasawuf|, Volume 8, nomor 1
Cholid Nur, 2013. KONTRIBUSI FILSAFAT PRAGMATISME TERHADAP PENDIDIKAN, Jurnal MAGISTRA. Volume 4 Nomor 1
Aziz, S., Fahman, M., Amruddin, M., Sekolah, L., Agama, T., Nahdlatul, I., & Pacitan, U. (n.d.). PENDEKATAN PRAGMATIS DALAM PENDIDIKAN ISLAM (Kajian Terhadap Teori Al-Dzara’i’ Dalam Filsafat Pendidikan Islam).
Firmansyah, M., & Asmuki, A. (2023). PEMIKIRAN PRAGMATISME IBNU KHALDUN DAN RELEVANSINYA DENGAN MERDEKA BELAJAR KURIKULUM MERDEKA. Edupedia : Jurnal Studi Pendidikan Dan Pedagogi Islam, 8(1), 99–108. https://doi.org/10.35316/edupedia.v8i1.2788
Hambali, D. S., Rizal, A. S., & Nurdin, E. S. (2020). IMPLEMENTASI PRAGMATISME PADA PENDIDIKAN TINGGI VOKASIONAL ABAD XXI (Vol. 5, Issue 1).
Hibatullah, L., & Qomarudin, A. (2021). PEMIKIRAN FAZLUR RAHMAN (PRAGMATIS-INSTRUMENTAL) TENTANG PENDIDIKAN DAN RELEVANSINYA DENGAN DUNIA MODERN. In Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini (Vol. 3, Issue 1). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/assabiqun
Kosasih, A. (2022). FILSAFAT PENDIDIKAN PRAGMATISME Telaah Atas Teori Manajemen Pendidikan John Dewey. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1), 2355–5467. https://doi.org/10.30998/xxxxx
Septiawati, D., & Suradika, A. (n.d.). PRAGMATISME DAN KONSEP SEKOLAH ISLAM TERPADU. Jurnal Perspektif – Yayasan Jaringan Kerja Pendidikan Balihttps://doi.org/10.53947/perspekt.v1i6.155
Rosyid, R. (2010). EPISTEMOLOGI PRAGMATISME : DALAM PENDIDIKAN KITA. Jurnal pendidikan Sosiologi dan Humaniora vo. 1 no. 1
Nurul Malika, A., &, N. (2014). Pragmatisasi Pendidikan dalam Dunia Kerja Nurul Malikah. Jurnal Pendidikan Islam, Ponorogo 8(1). http://journal.walisongo.ac.id/index.php/
Wiranata, Rz. R. S., Maragustam, M., & Abrori, M. S. (2021a). FILSAFAT PRAGMATISME: MENINJAU ULANG INOVASI PENDIDIKAN ISLAM. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 110–133. https://doi.org/10.21274/taalum.2021.9.1.110-133
Diterbitkan
2024-06-28
Bagian
Articles