PEMIKIRAN SYEKH NAWAWI TENTANG PENDIDIKAN ISLAM DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN MORAL DI ERA DISKRUPSI 5.0
Abstrak
Pendidikan Islam memiliki peran sentral dalam pembentukan moral umat manusia. Pemikiran tokoh muslim seperti syekh Nawawi Al-Bantani perlu dihadirkan dalam menjawab berbagai tantangan dalam dunia pendidikan islam khususnya dalam pendidikan moral. Artikel ini membahas pemikiran Syekh Nawawi al-Bantani tentang pendidikan dalam Islam serta relevansinya dalam konteks pendidikan di era disrupsi 5.0. Menurut Syekh Nawawi, pendidikan berperan signifikan dalam membentuk perilaku manusia, baik secara spiritual maupun moral. Pendidikan, dalam konsep Islam, mencakup tiga istilah penting: ta’lim, tarbiyah, dan ta’dib, yang masing-masing mencerminkan transfer ilmu, pengasuhan moral, dan pembentukan akhlak. Pemikiran ini relevan dengan pendidikan di era 5.0, di mana teknologi harus digunakan sebagai alat untuk membentuk karakter, bukan sebagai tujuan. Konsep ta’lim yang mencakup transformasi pengetahuan dan nilai-nilai moral tetap relevan dalam pendidikan digital. Selain itu, konsep tarbiyah yang menekankan pengasuhan dan pertumbuhan moral, serta ta’dib yang berfokus pada pembentukan akhlak, harus tetap diperhatikan di tengah kemajuan teknologi. Pendidikan Islam yang berbasis pada nilai-nilai moral dan spiritual, seperti yang diajarkan oleh Syekh Nawawi, memiliki relevansi yang besar untuk menciptakan individu yang berkompeten secara intelektual dan berakhlak mulia di tengah perubahan zaman.
Kata kunci: Nawawi al-Bantani, Pendidikan Islam, Era Disrupsi 5.0.
Referensi
Ali Muqoddas, Syeikh Nawawi Al-Bantani Al-Jawi Ilmuan Spesialis Ahli Syarah Kitab Kuning, Jurnal Tarbawi. 2014, Vol 2, no. 1.
Bashori, Pemikiran Pendidikan Syekh Nawawi Al-Bantani, Hikmah: Jurnal Pendidikan Islam, 2017 Vol 6, no. 1
Chaidar, Sejarah Pujangga Islam Syekh Nawawi al-Bantani Indonesia, Jakarta: CV. Sarana Utama, 1978.
Dian Mohammd Hakim, Pendidikan Moral Dalam Perspektif Shaykh Nawawi Al-Bantany, Andragogi : Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam 2019 Vol 1, no. 1
Hariadi, M. F. Pemikiran Pendidikan Islam Syeikh Nawawi Al-Bantani Dan Relevansinya di Revolusi Industri 4.0. El-Hikam: Jurnal Pendidikan Dan Kajian Keislaman, 2019 Vol 12.
K Zutas, Literacy Tradition in Islamic Education in Colonial Period (Sheikh Nawawi Al Bantani, Kiai Sholeh Darat, and KH Hasyim Asy’ari), Al-Hayat: Journal of Islamic Education, 2017
Khaeroni, Pemikiran Syekh Nawawi Al-Bantani Tentang Pendidikan Khaeroni Dalam Kitab Tafsir Maraḥ Labid. Geneologi PAI : JurnalPendidikan Agama Islam, 2021. Vol. 8, No.01
Mahmud, Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung : Pustaka Setia, 2011)
Mamat S. Burhanuddin, Hermenutika al-Qur’an ala Pesantren Analisis terhadap Tafsir Marah Labid Karya KH. Nawawi Banten (Yogyakarta: UII Press, 2006).
Maragustam, Pemikiran Pendidikan Syekh Nawawi al-Bantani, Yogyakarta: Datamedia. 2007
Maragustam, Pemikiran syaikh Nawawi Al-bantani tentang manusia dan implikasinya dalam Pendidikan islam. Jurnal Kependiditan Islam, Vol. 1, No. 1, Fetruari-Juli 2003
Moh. Elman and Mahrus, “Kerangka Epistemologi (Metode Rekonstruksi Pendidikan Agama Islam),” Rabbani: Jurnal Pendidikan Agama Islam (2020) Vol 1, no. 2
Muhammad Yusuf, Pemikiran pendidikan islam syekh nawawi al-bantani dan relevansinya terhadap pendidikan moral era kontemporer. Jurnal Rabbani: Jurnal Pendidikan Agama Islam. 2022 Volume 3, Nomor 1.
Suwarjin. Biografi intelektual syekh nawawi al-bantani. Kebudayaan Dan Sejarah Islam, 2017 Vol 2(2), 189–202.
Suwito dan Fauzan, Sejarah Para Tokoh Pemikiran Pendidikan, (Bandung: Angkasa, 2003)
Syaikh Nawawi, Marah Labid Tafsir Nawawi, Tafsir al-Munir lit Ma'alim al-Tanzil. (Beirut: Dar Al Kutub Al-Ilmiyah, tt.), Juz ke-2
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Al-Miskawaih is published under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Authors retain the copyright to their work. Users may read, copy and distribute the work in any medium provided the authors and the journal are appropriately credited. Below you may find the full text of the license signed by the authors.





