MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS V MI TARBIYATUL AULAD SEMINGKIR KECAMATAN RANDUDONGKAL KABUPATEN PEMALANG TAHUN AJARAN 2020-2021

  • Asrori Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Pemalang
  • Ridwan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Pemalang
Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Hasil Belajar Tematik.

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh sebuah kegiatan dalam proses
belajar mengajar di Madrasah Ibtidaiyah yang biasanya kita temui peserta didik
mengalami kesulitaan belajar terlebih pada pembelajaran tematik. Untuk bisa belajar
dengan baik, kita perlu mendengar, melihat, mengajukan pertanyaan tentang materinya
dan membahasnya dengan orang lain. Selain itu, peserta didik perlu mengerjakannya,
yaitu dengan menggambarkan sesuatu dengan caranya sendiri, dengan begitu peserta
didik akan lebih mempunyai wawasan yang luas tentang belajar mereka. Menyikapi
permasalahan tersebut, perlu diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD
sebagai salah satu model pembelajaran yang dapat memudahkan peserta didik dalam
belajar memahami materi pelajaran dan menjadikan proses pembelajaran tidak
membosankan, diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik pada
pembelajaran tematik. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif, metode ini
disebut metode kuantitatif karena data penelitian berupa angka-angka dan analisis
menggunakan statistik. Setelah dilakukan tindakan penelitian hasil belajar tematik di MI
Tarbiyatul Aulad Semingkir Kecamatan Randudongkal masuk dalam kategori baik. Hal
ini dapat dilihat dari hasil belajar melalui nilai PTS tema 2 dengan hasil rata-rata 78.
Proses belajar mengajar dikatakan berhasil apabila sesuai dengan tujuan pendidikan
yang mengarah pada tiga aspek yaitu aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Dari
seluruh aspek tersebut, semuanya sudah dilaksanakan dengan baik sesuai dengan
prosedur pembelajaran kooperatif tipe STAD. Berdasarkan hasil penelitian yang telah
dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa Model pembelajaran kooperatif tipe STAD
memilik pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar tematik peserta didik kelas V di
MI Tarbiyatul Aulad Semingkir Kecamatan Randudongkal Kabupaten Pemalang Tahun
Ajaran 2020/2021 yaitu dengan hasil penelitian hasil analisa data yang dilakukan dengan
menggunakan rumus product moment diperoleh rhitung sebesar 0,900 dan setelah
dikonsultasikan pada rtabel dengan N=22 taraf signifikasi 5% = 0,423, maka rhitung > rtabel
atau (0,900)>(0,423).

Published
2021-02-28