PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA MELALUI METODE PEMBELAJARAN TYPE TALKING STICK PADA SISWA KELAS V SDN 2 PLATAR TAHUN 2022
Abstract
Pembelajaran yaitu interaksi dari pendidik, siswa dan sumber pembelajaran, akan tetapi banyak siswa masih malu, dan tidak berusaha berfikir untuk mengutarakan pendapatnya dari pertanyaan yang diberikan oleh guru pada pelajaran IPA. Kondisi tersebut kemungkinan terjadi karena sebagian besar pendidik menggunakan metode satu arah serta tidak memodifikasinya. Metode pembelajaran type talking stick memiliki kelebihan salah satunya melatih siswa agar berani mengemukakan pendapatnya.Tujuan dibuat untuk mengetahui pengaruh peningkatan hasil belajar IPA melalui metode pembelajaran type talking stick pada siswa kelas V. Penelitian ini menggunakan metode PenelitianaTindakan Kelas dengan modellspiral Stephen Kemmis dan Robin Mc. Taggar terdiri dari dua siklus pada dua pertemuan. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan pada hasil belajar siswa. Rata- rata yang didapatkan siswa sebelum tindakan 58,3, setalah tindakan siklus I mengalami peningkatan menjadi 68,3 kemudian pada siklus II meningkat manjadi 79,3. Tujuan pokok metode pembelajaran type talking stick adalah untuk menjadikan siswa lebih aktif sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Copyright (c) 2022 Janet Janet

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Ibtida diterbitkan di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License . Penulis mempertahankan hak cipta atas karya mereka. Pengguna dapat membaca, menyalin, dan mendistribusikan karya dalam media apa pun asalkan penulis dan jurnal dikreditkan dengan tepat. Di bawah ini Anda dapat menemukan teks lengkap lisensi yang ditandatangani oleh penulis.
