implementasi Implementasi Konsep Pendidikan Akhlak KH. Hasyim Asy`ari di Pesantren Mislakhul Muta`alimin Karang Tengah Warungpring
Konsep Pendidikan Akhlak KH. Hasyim Asy`ari
Abstract
Pendidikan akhlak merupakan pendidikan yang sangat penting terutama dalam pembentukan kepribadian seorang santri, pendidikan akhlak dapat diterapkan baik di lingkungan keluarga maupun di lingkungan sekolah baik sekolah formal maupun non formal maupun di pesantren. Dengan pendidikan akhlak diharapkan akan terwujud generasi yang berakhlak mulia dan berintelektual tinggi. Seiring dengan perkembangan zaman dan kecanggihan ilmu pengetahuan dan teknologi yang selain memberikan dampak positif tentunya juga membawa dampak negatif, dalam hal ini pendidikan akhlak dirasa sangat dibutuhkan untuk membentengi mereka dari dampak tersebut. waktu. Yayasan Pesantren Mislakhul Muta'allimin Karang Tengah Warungpring merupakan lembaga pendidikan Islam yang menerapkan sistem pendidikan akhlak KH. Hasyim Asy'ari , hal ini terlihat dari penerapan ajaran kitab- kitab salaf atau kitab klasik yang diterapkan khususnya untuk program jurusan diniyah bersama dan ulya . Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana KH. Hasyim Asy'ari tentang Pendidikan Akhlak? 2) Bagaimana Implementasi Pendidikan Akhlak dalam Pemikiran KH Hasyim Asy'ari di Pesantren Mislakhul Muta'allimin Karang Tengah Warungpring ? 3) Faktor apa saja yang mendukung dan menghambat pelaksanaan pendidikan akhlak di Pondok Pesantren Mislakhul Muta'allimin Karang Tengah Warungpring ? Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah konsep pendidikan akhlak KH. Hasyim Asy'ari lebih menitik beratkan pada aspek ruhani namun tidak melupakan aspek jasmani, termasuk di dalamnya tugas dan tanggung jawab seorang murid yaitu akhlak pribadi seorang murid, akhlak murid terhadap gurunya, akhlak murid dalam belajar, dan moral siswa terhadap kitab atau kitab-kitab yang dimilikinya. Implementasi konsep pendidikan akhlak KH. Hasyim Asy'ari di Pesantren Mislakhul Muta'allimin Kar Warungpring tengah dalam proses kegiatan pembelajaran, meliputi kurikulum, sistem pembelajaran, metode pembelajaran, dan hubungan antara guru dan siswa . Faktor pendukung dan penghambat dalam proses pelaksanaan pendidikan akhlak KH. Hasyim Asy'ari bersumber dari faktor lingkungan, kesadaran santri itu sendiri, dan faktor wali santri itu sendiri.
Copyright (c) 2021 Ridwan iwan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Ibtida diterbitkan di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License . Penulis mempertahankan hak cipta atas karya mereka. Pengguna dapat membaca, menyalin, dan mendistribusikan karya dalam media apa pun asalkan penulis dan jurnal dikreditkan dengan tepat. Di bawah ini Anda dapat menemukan teks lengkap lisensi yang ditandatangani oleh penulis.
