IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF BAGI SISWA SDN 2 BANJAREJO
Abstract
Abstrak
Penelitian ini mengambil latar belakang masalah pendidikan yang tidak hanya mencakup pengembangan intelektualitas saja, akan tetapi lebih ditekankan pada proses pembinaan keperibadian anak didik secara menyeluruh sehingga anak menjadi lebih dewasa. Kegiatan belajar siswa di SDN 2 Banjarejo sangat dipengaruhi oleh kegiatan mengajar guru, karena dalam proses pembelajaran guru tetap mempunyai suatu peran yang penting dalam memberikan suatu ilmu kepada anak didiknya. Salah satu masalah yang dihadapi guru dalam menyelenggarakan pelajaran adalah bagaimana menimbulkan aktifitas dan keaktifan dalam diri siswa untuk dapat belajar secara efektif. Oleh sebab itu maka dibutuhkan cara strategi pembelajaran yang menarik untuk menanggulangi permasalahan tersebut.
Penelitian ini memiliki 3 pokok permasalahan, yaitu 1) Bagaimana aktivitas belajar siswa SDN 2 Banjarejo, 2) Apa saja strategi pembelajaran yang digunakan guru dalam mengajar siswa SDN 2 Banjarejo, 3) Bagaimana hasil dari penggunaan strategi pembelajaran pada siswa SDN 2 Banjarejo, Pekalongan. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa 1) Wawancara, 2) Observasi dan 3) Dokumentasi. Sumber data penelitian berupa primer (Informan) dan sekunder (Buku, dsb).
Berdasarkan hasil pengamatan pembelajaran di SDN 2 Banjarejo Karanganyar Pekalongan menggunakan strategi pembelajaran yang berbeda-beda sesuai dengan jenjang dan kebutuhan siswa. Hasil dari implementasi strategi pembelajaran yang beraneka ragam seperti ini memberikan dampak yang positif dalam proses dan hasil belajar siswa SDN 2 Banjarejo Karanganyar Pekalongan melalui hasil rata-rata nilai kelas yaitu 7,67 dari yang semula hanya 7,5.
Copyright (c) 2021 Nova Khairul Anam, Fitri Hariwahyuni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Ibtida diterbitkan di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License . Penulis mempertahankan hak cipta atas karya mereka. Pengguna dapat membaca, menyalin, dan mendistribusikan karya dalam media apa pun asalkan penulis dan jurnal dikreditkan dengan tepat. Di bawah ini Anda dapat menemukan teks lengkap lisensi yang ditandatangani oleh penulis.
