PENGARUH METODE QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI ALAT PERNAPASAN PADA MANUSIA KELAS V DI MI MA’ARIF NU SINDANG KECAMATAN MREBET PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Quantum Teaching terhadap hasil belajar IPA dan kreatifitas siswa kelas V MI Ma’arif NU Sindang. Jenis penelitian ini adalah peneliti lapangan (field research) dan penelitian ini digolongkan ke dalam kuantitatif-deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari guru IPA kelas V, siswa kelas V, dan kepala madrasah. Adapun sumber data tersebut diperoleh melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan dalam analisis data menggunakan analisis perencanaan, pelaksanaan, hasil dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran dengan menggunakan metode Quantum Teaching dalam pembelajaran IPA sudah sesuai dengan teori yang penulis paparkan di Bab II. Hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran IPA yang digunakan oleh guru kelas V di MI Ma’arif NU Sindang menggunakan metode Quantum Teaching. Dalam pelaksanaan pembelajaran, guru menggunakan metode Quantum Teaching dengan tujuan untuk memaksimalkan proses pembelajaran agar tujuan pembelajaran dapat tercapai sesuai SK dan KD, serta kondisi siswa. Dalam pembelajaran guru melibatkan siswa untuk aktif dalam proses berfikir dan aktif dalam kegiatan pembelajaran.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Ibtida diterbitkan di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License . Penulis mempertahankan hak cipta atas karya mereka. Pengguna dapat membaca, menyalin, dan mendistribusikan karya dalam media apa pun asalkan penulis dan jurnal dikreditkan dengan tepat. Di bawah ini Anda dapat menemukan teks lengkap lisensi yang ditandatangani oleh penulis.
