PENGEMBANGAN MEDIA CETAK SEJARAH ISRA MI’RAJ NABI MUHAMMAD SAW KELAS 4 DI MI SALAFIYAH ASSAFIIYAH DUKUH BULU KECAMATAN BELIK KABUPATEN PEMALANG TAHUN 2018/2019
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan media cetak sejarah peristiwa Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW kelas 4 di MI Salafiyah Assafiiyah Dukuh Bulu. Dengan terciptanya media cetak (buku) bertujuan untuk menarik dan mudah di pahami oleh peserta didik tentu hal tersebut akan membuat peserta didik semangat membaca, sehingga peserta didik tahu dan bisa memahami dengan bimbingan guru supaya pesserta didik tidak salah dalam memahami mengenai sejarah peristiwa Isra Mi’raj Nabi Muhammad Saw. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (research and development). Sumber data diperoleh meliputi: observasi, wawancara dan kuesioner. Hasil dari penelitian yang diperoleh adalah perolehan dari ahli media, ahli materi dan ahli bahasa diperoleh hasil persentase 60% dengan kategori “Cukup Layak” sehingga media tersebut dapat diuji cobakan di lapangan. Berdasarkan hasil uji coba one-to one diperoleh hasil persentase 92% dengan kategori “Valid”. Berdasarkan hasil uji coba kelompok kecil diperoleh hasil persentase 90% dengan kategori “Valid” dan berdasarkan uji coba kelompok besar diperoleh hasil persentase 88% dengan kategori “Valid”. Jadi dapat disimpulkan bahwa media cetak berupa buku sejarah Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW ynag dikembangkan bisa didesiminasi dan diimplementasikan dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas 4 di MI Salafiyah Asyafiiyah Dukuh Bulu Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Ibtida diterbitkan di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License . Penulis mempertahankan hak cipta atas karya mereka. Pengguna dapat membaca, menyalin, dan mendistribusikan karya dalam media apa pun asalkan penulis dan jurnal dikreditkan dengan tepat. Di bawah ini Anda dapat menemukan teks lengkap lisensi yang ditandatangani oleh penulis.
