IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN (Studi Kasus Di SMP N 7 Pemalang)

Abstrak

Penelitian ini digunanakan untuk mengkaji mengenai Implementasi Manajemen Kurikulum  dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMP N 7 Pemalang, mendeskripsikan tentang manajemen kurikulum agar dapat meningkatkan mutu pembelajaran di SMP N 7 Pemalang.Bertujuan untuk mengentahui perencanaan, pengembangan, pelaksanaan dan pengorganisasian kurikulum untuk meningkatkan mutu pembelajaran.Metode yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik analisis data deskripsi induktif.Analisa dilakukan dengan mengumpulkan semua hasil wawancara yang diperoleh dari informasi dan observasi yang peneliti lakukan dimana datanya masih bersifat khusus. Hasil penelitian menunjukan: (1) pelaksanaan kurikulum di sekolah SMP N 7 Pemalang dengan mengikutsertakan personel sekolah dalam semua tahap perencanaan kurikulum tersebut dengan mempertimbangkan visi dan misi sekolah; (2) pengembangan kurikulum di sekolah SMP N 7 Pemalang menggunakan kurikulum merdeka untuk kelas 7 dan kurikulum 2013 untuk kelas 8 dan 9; (3) Pelaksanaan kurikulum yang dilakukan pihak sekolah adalah dengan penerapan proyek penguatan profil pelajar pancasila dan penerapan pembelajaran yang fokus kepada peserta didik; (4) Pengorganisasian kurikulum di SMP N 7 Pemalang meliputi membagi tugas mengajar bagi guru sesuai dengan bidang keahlian masing-masing, mengupayakan agar guru mengajar 5 hari dalam 1 minggu, menyususn jadwal kegiatan perbaikan/remidi, mengadakan les dan try out, menyususn jadwal kegiatan ektra kurikuler, menyusun jadwal, dan menyusun jadwal pertemuan guru secara bergiliran.

Diterbitkan
2022-08-12