UPAYA UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) SISWA KELAS V PADA MATERI SUHU DAN KALOR DI MI COKROAMINOTO 02 TRIBUANA

UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) SISWA KELAS V PADA MATERI SUHU DAN KALOR DI MI COKROAMINOTO 02 TRIBUANA

  • Dwi Purbaningrum Dwi STIT Tunas Bangsa
Kata Kunci: keterampilan proses sains, IPA, suhu dan kalor.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Keterampilan Proses Sains (KPS) siswa pada materi suhu dan kalor kelas V di MI Cokroaminoto 02 Tribuana tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research), yang dilakukan dengan dua siklus. Subjek penelitian yaitu siswa kelas V di MI Cokroaminoto 02 Tribuana sebanyak 10 siswa. Penelitian ini menggunakan desain siklus yang dikembangkan oleh Kurt Lewin. Metode pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan lembar angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan proses sains siswa kelas V di MI Cokroaminoto 02 Tribuana telah meningkat. Peningkatan tersebut ditunjukkan dengan rata-rata keterampilan proses sains siswa pada prasiklus sebesar 42%, pada siklus I meningkat menjadi 65% dan kembali meningkat pada siklus II menjadi 85%.

Diterbitkan
2024-08-28