ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SD ISLAM AL-AKBAR MOJOKERTO
Abstrak
Kurikulum Merdeka memberikan fleksibilitas kepada pendidik untuk merancang pembelajaran yang berkualitas, sesuai dengan kebutuhan dan konteks lingkungan belajar siswa. Implementasi Kurikulum Merdeka mulai diterapkan di SD Islam Al-Akbar Mojokerto pada tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan serta menganalisis penerapan Kurikulum Merdeka pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD Islam Al-Akbar. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan data yang dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD Islam Al-Akbar sudah dilaksanakan dengan baik, sesuai dengan konsep Kurikulum Merdeka. Namun terdapat juga faktor pendukung dan penghambat dalam proses implementasi tersebut. Salah satu faktor pendukungnya adalah adanya workshop terkait Kurikulum Merdeka yang diadakan oleh sekolah dan untuk faktor penghambatnya adalah terbatasnya waktu dalam pembuatan administrasi kelas.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Ibtida diterbitkan di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License . Penulis mempertahankan hak cipta atas karya mereka. Pengguna dapat membaca, menyalin, dan mendistribusikan karya dalam media apa pun asalkan penulis dan jurnal dikreditkan dengan tepat. Di bawah ini Anda dapat menemukan teks lengkap lisensi yang ditandatangani oleh penulis.
