ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SD ISLAM AL-AKBAR MOJOKERTO

  • Ismi Khoir Universitas KH Abdul Chalim
Kata Kunci: Implementasi, Kurikulum Merdeka, Pembelajaran Bahasa Indonesia

Abstrak

Kurikulum Merdeka memberikan fleksibilitas kepada pendidik untuk merancang pembelajaran yang berkualitas, sesuai dengan kebutuhan dan konteks lingkungan belajar siswa. Implementasi Kurikulum Merdeka mulai diterapkan di SD Islam Al-Akbar Mojokerto pada tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan serta menganalisis penerapan Kurikulum Merdeka pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD Islam Al-Akbar. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan data yang dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD Islam Al-Akbar sudah dilaksanakan dengan baik, sesuai dengan konsep Kurikulum Merdeka. Namun terdapat juga faktor pendukung dan penghambat dalam proses implementasi tersebut. Salah satu faktor pendukungnya adalah adanya workshop terkait Kurikulum Merdeka yang diadakan oleh sekolah dan untuk faktor penghambatnya adalah terbatasnya waktu dalam pembuatan administrasi kelas.

 

Diterbitkan
2024-08-28