Evaluasi Kebijakan Pendidikan Anti-Bullying dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MI Ma'arif Nu Kalilembu
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi kebijakan anti-bullying dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di MI Ma’arif NU Kalilembu. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi langsung, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan anti-bullying telah terintegrasi ke dalam pembelajaran PAI melalui nilai-nilai akhlak dan kisah teladan Nabi Muhammad SAW, namun pelaksanaannya masih menghadapi kendala seperti kurangnya pelatihan guru dan pengawasan rutin. Penelitian ini memberikan rekomendasi untuk meningkatkan efektivitas kebijakan melalui pelatihan guru, pengawasan yang lebih terstruktur, dan keterlibatan orang tua secara aktif. Dengan demikian, diharapkan kebijakan ini mampu menciptakan lingkungan belajar yang aman dan mendukung perkembangan karakter siswa.
Copyright (c) 2024 Ahmad sibaweh sibaweh

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Madaniyah is published under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Authors retain the copyright to their work. Users may read, copy and distribute the work in any medium provided the authors and the journal are appropriately credited. Below you may find the full text of the license signed by the authors.







