Metode Active Learning True Or False dalam Proses Pembelajaran Akidah Akhlak

  • Nisrokha Nisrokha STIT PEMALANG

Abstract

Pembelajaran  aktif menjadi  jalan utama  bagi seorang  guru untuk menghidupkan  suasana kelas agar siswa dapat dengan mudah memahami materi  yang  sudah  dijelaskan. Metode Active  Learning  True  or  False bertujuan  untuk  membantu  peserta didik untuk fokus dan mudah dalam memahami  pembelajaran  yang disampaikan oleh guru.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan studi lapangan, pengumpulan  data menggunakan  observasi, wawancara   dan  dokumentasi   yang dianalisis   dengan   metode triangulasi data.

Hasil penelitian menunjukkan penggunaan   metode active   learning   true   or   false   dimulai   dari   kegiatan   pembuka   yaitu   salam, dilanjutkan   dengan guru memberikan   kartu  pernyataan kepada  siswa  dan  memberikan  ruang  kepada  peserta  didik  untuk  bekerja  sama dalam  menjawab  pernyataan  yang disiapkan serta kegiatan  penutup dengan memberikan  kesimpulan. Penerapan Metode Active Learning True or False  pada  proses  pembelajaran  akidah  akhlak  dapat  meningkatkan  kreativitas anak dalam pembelajaran,  meningkatkan  rasa kepercayaan  diri, respon keaktifan dari masing-masing peserta didik serta meningkatkan rasa saling menghargai pendapat.

 

 

 

Published
2025-03-08