Pengaruh Metode Murattal Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas V SD IT AN-Nahdliyah Mereng Warungpring Pemalang
Abstract
Metode Murattal adalah membaca Al-Qur’an secara benar, sesuai dengan kaidah-kaidah Tajwid disertai dengan irama dan suara yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji adakah pengaruh metode murottal Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas V SD IT An-Nahdliyah Mereng Warungpring Pemalang. Populasi dan sampel dalam penelitian adalah 30 siswa kelas V SD IT An-Nahdliyah. Teknik pengumpulan datanya dengan wawancara, dokumentasi, dan angket dengan analisis statistik deskriptif dan analisis linier sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa besarnya pengaruh metode murottal terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas V SD IT An-Nahdliyah Mereng Warungpring Pemalang adalah sebesar 2,2%. Hasil tersebut diperoleh dari 0,022 x 100% = 2,2%. Simpulan dari penelitian ini menyatakan bahwa terdapat pengaruh positif metode murottal terhadap kemampuan membaca al-qur’an siswa kelas V SD IT An-Nahdliyah Mereng Warungpring Pemalang sebesar 2,2%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diharapkan sekolah dapat lebih mengoptimalkan lagi metode murottal secara konsisten guna mendukung kemampuan dan kelancaran membaca Al-Qur’an siswa khususnya untuk kelas V SD IT An-Nahdliyah Mereng Warungpring Pemalang.
Copyright (c) 2025 Srifariyati srifariyati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Madaniyah is published under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Authors retain the copyright to their work. Users may read, copy and distribute the work in any medium provided the authors and the journal are appropriately credited. Below you may find the full text of the license signed by the authors.







