Pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Habit Forming Siswa

  • Nursidik Nursidik Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Pemalang

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa membentuk kebiasaan baik secara parsial maupun simultan. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda, parsial dan uji t. Berdasarkan hasil analisis regresi berganda dengan variabel dependen diperoleh persamaan regresi X = 0,398 Y = 8,263. Selanjutnya, untuk menguji tingkat signifikansi menggunakan uji F, diperoleh F hitung 10,290 sedangkan F tabel 2,75 atau F hitung> F tabel yang berarti Ha diterima. Ini berarti bahwa ada pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi pembentukan kebiasaan siswa SDIT Salsabila Purworejo pada tahun akademik 2018/2019 secara bersamaan. Hasil perhitungan analisis secara parsial menunjukkan bahwa nilai t yang dihitung untuk variabel perhatian orang tua adalah 3,030. Sedangkan t tabel untuk variabel-variabel ini dengan N = 61 dengan tingkat signifikansi 5% = 0,254. Ini berarti bahwa masing-masing variabel independen secara parsial mempengaruhi pencapaian pembentukan kebiasaan siswa SDIT Salsabila Purworejo di Jawa Tengah 2018/2019.

Published
2019-01-31