Konsep ‘Abd Allah dalam Perspektif Teologi Pendidikan

  • Kaspullah Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
  • Suriadi Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas

Abstract

Salah satu upaya untuk mencapai tujuan pendidikan yang mulia tersebut, proses pendidikan seharusnya diarahkan untuk pengembangan komponen-komponen abd Allah yang terdiri dari komponen materi dan immateri serta potensi-potensi yang dimilikinya agar menemukan jati dirinya yang sesungguhnya secara integral. Artinya, dalam proses pendidikan terutama yang menyangkut materi atau content kurikulum paling tidak harus memuat pengenalan serta pembinaan yang terfokus kepada khalik (baca: pendidikan agama). Pendidikan agama yang ideal seperti dimaksudkan adalah bukan hanya dalam kontek ritual urusan kalangan sendiri (individual affair) atau al ahwal al syakhsiyah (individual morality) semata, akan tetapi lebih komprehensip yaitu menyangkut kepedulian terhadap isu-isu umum dalam bentuk al-ahwal al ummah (publik morality). Sehingga dengan content kurikulum atau materi yang ideal tersebut akan terwujud ‘abd Allah seperti yang dikehendaki-Nya. Kemudian untuk menggapai harapan ideal seperti itu, dibutuhkan seorang tenaga pendidik profesional yang dapat mengembangkan seluruh potensi ketauhidan yang ada pada peserta didiknya (‘abd). Hal ini dikarenakan ketaatan kepada-Nya tidak datang serta merta, namun melalui proses bimbingan, pembinaan, dan pembiasaan bahkan mungkin latihan. Proses demikian itu tidak lain adalah proses pendidikan; proses pendidikan yang bersumber dari konsep Ilahiyah.

Published
2020-08-24